windy lestari
windy lestari

Halo Saya Windy NRP _______018. Saya merupakan salah satu mahasiswa yang sekarang sedang belajar di ITS jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Selanjutnya

Tutup

CFC (Class for Creation) Pengelolaan Sampah Berbasis Kelas Seni

12 Juli 2017   01:27 Diperbarui: 12 Juli 2017   01:34 19 0 1
CFC (Class for Creation) Pengelolaan Sampah Berbasis Kelas Seni
dokpri

Class For Creation atau yang disingkat dengan CFC merupakan kreasi kelas seni yang ditujukan pada masyarakat kelurahan Keputih Timur Pompa Surabaya. Class For Creation sendiri adalah hasil buah pemikiran  dari Windy Lestari, Mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama tiga teman lainnya. Dalam pelaksanaan program Class for Creation (CFC) harus bekerjasama dengan mitra kelurahan atau instansi yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat di suatu batas administrasi suatu wilayah. 

Pada bulan Maret 2017 Class for Creation atau CFC ini telah berhasil mendapatkan persetujuan untuk bekerjasama menjalankan keberlangsungan program CFC dari ketua kader Lingkungan Keputih Timur Pompa, Bu Dewi Sariningsih Efendie, S.Sos. pemerkarsa CFC ini melaksanakan serangkaian agenda mulai dari pengajaran, pemberdayaan, dan melakukan kunjungan ke kampung percontohan Jambangan Surabaya. 

Banyak sekali wawasan, inovasi, dan kreativitas masyarakat kampung jambangan yang dapat memotivasi serta menggugah masyarakat kelurahan Keputih Timur Pompa untuk mendaurulang sampah plastik terlebih dahulu sebelum dibuang. Selain terampil dalam proses pembuatan, juga barang-barang yang dihasilkan memiliki nilai guna dan nilai ekonomi yang bagus. Sehingga dapat memberikan keterampilan dan menambah uang saku masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Class for Creation (CFC) memiliki struktur organisasi dimana memiliki penasihat kegiatan yakni Ibu Sumiyatun Waris dan ketuanya adalah Dewi Sariningsih Efendie, S.Sos. dalam proses pengajarannya dilakukan oleh Windy Lestari dan team kepada masyarakat kelurahan Keputih Timur Pompa pada setiap pekannya. Setelah melakukan pengajaran sebanyak 4 kali kepada masyarakat, terdapat beberapa masyarakat yang memiliki keterampilan dan kreativitas tinggi serta dianggap mampu memberikan ilmu yang didapatkan kepada orang lain, yakni Ibu Shinta dan Ibu Juariyah. Ibu Shinta dijadikan sebagai Koordinator Sie Pengajaran di CFC ini.

Selain dalam rangka mengajar dan mengajak masyarakat kelurahan Keputih Timur Pompa untuk membuat nilai guna dan ekonomis pada barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi (daur ulang), pemerkarsa program CFC ini berharap terhadap masyarakat memiliki koordinator atau kader yang akan mengajar dan mengembangkan semua yang didapat dalam program Class For Creation ini kepada masyarakat luas. Dengan adanya CFC, Windy Lestari sebagai pemerkarsa kegiatan CFC bersamama tim berharap untuk masyarakat sekitar yang awalnya membuang sampah sembarangan dan begitu saja kemudian sekarang dapat mengolah sampah (plastik) terlebih dahulu sebelum dibuang untuk dijadikan barang yang bernilai estetik, guna, dan ekonomis.

Dibuat oleh: TIM CFC

Windy Lestari

Irmawandari

Riziq Syihab

Alfie Fahruz Zubaidah