pilihan

10 Langkah Menghindari Scam yang Patut Anda Coba

20 Mei 2017   21:24 Diperbarui: 20 Mei 2017   21:31 73 0 0
10 Langkah Menghindari Scam yang Patut Anda Coba
http://marshagraysbhomes.com

Seiring kemajuan tekhnologi internet, ada ribuan scam atau penipuan yang terjadi di setiap tahunnya, dan Anda tidak dapat mengetahui segala jenis bentuk scam yang terjadi di dunia ini. Tapi jika Anda bisa mengingat 10 langkah menghindari scam yang patut anda coba ini, Anda bisa menghindari berbagai jenis scam dan membantu melindungi diri Anda beserta keluarga Anda.

Berikut 10 langkah menghindari scam yang patut anda coba :

  1. Jangan pernah mengirim uang kepada seseorang yang belum pernah Anda temui secara tatap muka. Percayalah, jangan pernah sekalipun Anda melakukannya apalagi kepada orang yang baru saja anda kenal di dunia maya. Terutama jika mereka meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang dengan menggunakan wire transfer (paypal, payoneer), kartu debit perbankan, atau gift card (yang tidak dapat dilacak seperti uang tunai).
  2. Jangan klik link atau membuka attachment di email yang anda curigai. Bisa saja link atau attachment tersebut ternyata membuat Anda mendownload malware ke komputer Anda dan / atau mencuri identitas Anda. Berhati-hatilah bahkan dengan email yang menurut anda terlihat familiar sekalipun, bisa jadi itu email palsu.
  3. Jangan percaya semua yang anda lihat. Scammer hebat dapat meniru stempel resmi, font, dan rincian lainnya. Hanya karena sebuah situs atau email terlihat resmi tidak berarti itu memang asli. Bahkan Caller ID pun bisa dipalsukan oleh scammer.
  4. Jangan membeli secara online kecuali jika Anda yakin bahwa transaksi tersebut aman. Pastikan situs web memiliki "https" di URL (tambahan “s” artinya "secure/aman") dan ikon kunci kecil di address bar. Baca ulasan tentang kualitas barang dagangan sebelum anda membelinya, dan pastikan Anda tidak membeli barang yang harganya tidak wajar dan / atau barang palsu.
  5. Berhati-hatilah saat berhadapan dengan siapapun yang pernah Anda temui secara online. Scammer seringkali menggunakan situs kencan, sosial media, dan banyak situs lainnya untuk mencapai target yang potensial untuk ditipu. Mereka dapat dengan cepat berinteraksi/bersandiwara dengan Anda seolah-olah seperti teman atau bahkan pasangan romantis, tapi itu hanyalah bagian dari tipu daya untuk membuat Anda mempercayai mereka.
  6. Jangan pernah berbagi informasi identitas pribadi dengan seseorang yang telah menghubungi Anda tanpa diminta, entah itu lewat telepon, melalui email, di media sosial. Termasuk informasi kartu kredit dan perbankan, tanggal lahir, dan sebagainya.
  7. Jangan mudah ditekan atau anda mengalami kepanikan untuk segera bertindak sesuai arahan si scammer. Scammer biasanya mencoba membuat Anda berpikir telah terjadi suatu insiden atau memberika penawaran promo dengan waktu yang terbatas. Mereka ingin mendorong Anda beraksi sebelum Anda sempat memikirkan atau mendiskusikannya dengan anggota keluarga ataupun teman.
  8. Gunakan transaksi yang aman dan dapat dilacak saat melakukan pembayaran untuk barang, jasa layanan, pajak, dan perbankan. Jangan membayar dengan wire transfer (paypall, payoneer), kartu prepaid/debit perbankan, gift card, atau metode pembayaran lainnya yang ada tidak terbiasa menggunakannya.
  9. Bila memungkinkan, bertransaksilah dengan situs web lokal yang memiliki identifikasi, perizinan, dan asuransi yang resmi.
  10. Berhati-hatilah dengan informasi apa pun yang Anda share di sosial media dan pertimbangkanlah informasi yang anda share hanya terhubung dengan orang yang sudah Anda kenal dengan baik. Pastikan untuk menggunakan pengaturan privasi di semua media sosial dan akun online. Scammer sering mendapatkan informasi tentang target mereka dari interaksi online mereka, dan dapat membuat diri mereka terdengar seperti teman atau anggota keluarga karena mereka sangat mengenal Anda.

Demikianlah 10 langkah menghindari scam yang patut anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Semoga Anda beserta keluarga dapat terhindar dari berbagai bentuk scam yang terjadi. 

Jika Anda pernah mengalami scam, silakan sampaikan pengalaman Anda di kolom komentar. Semoga pengalaman Anda bermanfaat bagi pembaca lainnya. Terima kasih.

bangtagor.com