Tinggal di Luar Kota? Ini Alasannya!

17 Juli 2017   13:55 Diperbarui: 17 Juli 2017   14:36 114 0 0

Dalam berkehidupan, tak jarang banyak orang harus dihadapkan dengan situasi dimana  harus pindah ke lingkungan baru dan menyesuaikan diri. Tak hanya di lingkungan kerja, penyesuaian diri juga harus dilakukan dengan lingkungan rumah baru yang mungkin belum pernah didatangi sebelumnya. Banyak faktor yang membuat seseorang atau mungkin Anda pindah ke lingkungan baru seperti keluar kota. Faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Pendidikan

Salah satu alasan yang membuat Anda harus tinggal di luar kota adalah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Lembaga-lembaga pendidikan di kota memiliki banyak fasilitas pendidikan, manajemen dan sistem lebih baik, pengajar yang lebih profesional dan konsisten. Tidak hanya terpusat pada satu pendidikan saja, semua pendidikan ada, mulai dari pendidikan sains, ekonomi, perbankan, mekanik, elektro, komputer, informatika, jaringan, desain, multimedia, hukum, dan lain-lain. Jika di daerahnya tidak memiliki tempat untuk memiliki pendidikan yang layak maka seseorang itu akan pergi ke luar kota demi cita-citanya. Memang mahal, tetapi ada hasil nyata bagi mereka yang berniat belajar dengan sungguh-sungguh. Inilah alasan mengapa banyak mahasiswa di universitas terkemuka berasal dari luar daerah.

Bekerja

Rata-rata perekonomian orang desa hanya berkisar pada pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan kecil, dan perkebunan. Bagi mereka yang memiliki lahan luas tentu tidak masalah, tetapi bagi mereka yang tidak, tentu saja harus mencari alternatif yang lebih baik. Selain itu, lapangan pekerjaan juga sulit didapatkan di desa, bukannya tidak ada, tetapi penghasilan yang kurang memuaskan untuk memenuhi kehidupan. Karena alasan tersebut, banyak orang memilih pekerjaan yang memberikan keuntungan lebih besar. Mereka berpikir pekerjaan di kota-kota besar dapat memberikannya penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan di desa. Maka dari itu, alasan bekerja menjadi alasan yang banyak dirasakan banyak orang untuk tinggal di luar kota.

Tempat Tujuan Dinilai Lebih Baik

Kehidupan di kota tujuan yang dinilai lebih baik juga merupakan salah satu alasan mengapa seseorang tinggal di luar kota. Misalnya saja, orang desa yang menilai kehidupan di kota besar lebih baik dibandingkan di desanya, ia menilai kota lebih maju serta lebih canggih dalam banyak hal, semua kemajuan teknologi berpusat di kota. Untuk itulah banyak orang betah tinggal di kota, mulai dari banyaknya mall dan pusat perbelajaan, gedung-gedung tinggi yang mencakar langit, tempat-tempat hiburan, fasilitas internet lebih cepat, restoran dan hotel, dan lain-lain. Sebaliknya orang kota menganggap kehidupan di desa lebih baik karena lebih terasa aman, nyaman dan damai.

Mengejar Cinta

Kisah percintaan juga bisa menjadi alasan seseorang berpindah ke luar kota dan menetap disana. Peristiwa ini sangat banyak dijumpai. Misalnya, seorang wanita desa menikah dengan pria kota, pastinya si wanita akan ikut suaminya ke kota, alasan utamanya adalah kerena suami memiliki pekerjaan di kota. Begitu juga halnya dengan pria desa yang sudah memiliki pekerjaan di kota, ketika ia menikah dengan gadis tetangga di desanya, pastinya si gadis tersebut akan dibawa untuk tinggal di kota. Banyak orang yang menjalin hubungan percintaan dengan orang yang berbeda daerah dan memutuskan untuk menikah sehingga salah satu dari keduanya harus pindah ke kota pasangannya dan menetap disana.

Untuk tinggal di luar kota, Anda perlu memperhatikan hal-hal yang perlu Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri misalnya seperti jauh dari orang-orang terdekat, mobilitas di kota baru, serta lingkungan sosial. Jika Anda sudah siap, maka Anda harus optimis bahwa tinggal di kota baru akan membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih tangguh.


Endah Alfina Dewi