pilihan

Loe Musti Aman Finansial Sebelum Menikah, Serius?

11 Agustus 2017   10:02 Diperbarui: 11 Agustus 2017   10:05 426 2 0
Loe Musti Aman Finansial Sebelum Menikah, Serius?
thespruce.com

Loe sudah pacaran sekian tahun lamanya dan beberapa tahun (saat) lagi akan melangkah ke jenjang pelaminan? Wah selamat, ya! Sudah selayaknya kalau pacaran itu memang berujung di hidup bersama sebagai suami-istri.

Seperti pengalaman banyak orang, hidup berkeluarga itu rasanya gado-gado. Uniknya, survei Savvywoman.co.uk menemukan penyebab banyak pertengkaran rumah tangga yang sering terjadi pada pasangan usia 35-54 tahun adalah masalah uang. Tuh kah, UUD (Ujung-Ujungnya Duit).

Nah, untuk meminimalisir pertengkaran dalam keluarga, buat loe yang mau menikah sebaiknya memastikan masa depan keluarga baru aman secara finansial. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Miliki Asuransi Jiwa

Loe dan pasangan loe harus memiliki asuransi jiwa yang memberikan manfaat di masa depan. Ada banyak jenis asuransi jiwa yang tersedia. Jadi, pastikan Loe berdua meluangkan waktu untuk meneliti pilihan. Melakukan hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan kamu.

2. Tentukan Prioritas Utama Loe

Kebanyakan orang bisa dengan mudah menghabiskan jutaan hingga puluhan juta rupiah dengan mudah dalam sekejap, tapi karena Loe sedang atau akan dalam hubungan yang lebih serius, loe berdua kudu  menentukan prioritas utama. Dengan menentukan prioritas utama, loe dapat menyesuaikan waktu untuk menabung sesuai dengan tujuan yang menjadi prioritas utama, sekaligus meningkatkan kualitas hidup loe.

3. Merawat Kesehatan Loe

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association menunjukkan bahwa berolahraga 30 menit sehari, lima kali seminggu, dapat mengurangi biaya perawatan kesehatan tahunan Loe sebesar US$ 2.500 atau sebesar Rp. 3,3 juta. Jika Loe menambahkan makanan yang lebih sehat yang diisi dengan sayuran dan buah, Loe akan berada dalam posisi yang baik untuk menghemat lebih banyak uang! Berkomitmen untuk berolahraga dan makan dengan benar untuk memperbanyak tabungan untuk masa depan, meningkatkan harapan hidup, dan mempermudah Loe agar bisa menikmati masa senja Loe dengan tenang.

4. Lunasi Hutang Loe

Di zaman seperti sekarang ini, rasanya sulit untuk tidak "berhutang". Dari kartu kredit saja, Loe dipermudah untuk memiliki utang sehingga tidak jarang tagihan kartu kredit bisa membludak. Jangan sampai lah Loe membayar utang dengan nominal minimum pembayaran atau dengan cara dicicil. Cara cicilan ini memang cukup membantu, tapi lama-lama akan terasa berat dan semakin besar karena ada bunga yang menumpuk. Jadi, membayar tagihan kartu kredit, cicilan dan kebutuhan bulanan lainnya harus dibiasakan tepat waktu. 

Auto-transfer atau transfer otomatis melalui rekening sangat didambakan karena bisa menghemat waktu dan juga uang karena tidak harus ada biaya tambahan akibat dari pembayaran yang sudah jatuh tempo. Syukur alhamdulillah, kini sudah ada platform pembayaran yang bisa melakukan pembayaran dan transfer terjadwal bernama IPOTPAY. 

Tak ada salahnya memanfaatkan platform pembayaran dan transfer secara otomatis seperti IPOTPAY ini. Jika selama ini Loe melakukan pembayaran melalui mobile atau internet banking dengan biaya admin, pajak, dan lain-lainnya, IPOTPAY bebas itu semua dan imbal hasilnya pun sebesar 7-9 persen per tahun.