Mohon tunggu...
Adi
Adi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Indonesia

Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT.

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Diskon dan Gratis Ongkir, Hal Menarik di Harbolnas?

24 Desember 2017   06:49 Diperbarui: 24 Desember 2017   15:03 1167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gratis Ongkir nomer 2 (dok. Nielsen)

Harbolnas atau Hari Belanja Online sudah berakhir beberapa waktu yang lalu. Masyarakat Indonesia mulai sadar atau aware akan kemudahan belanja online. Momentum Harbolnas sangat dinantikan bukan hanya penjual online dan pembelinya  namun juga marketplace di mana bertemunya penjual dan pembeli.

Aware Pengguna Internet (dok. Nielsen)
Aware Pengguna Internet (dok. Nielsen)
Harbolnas Momentum Pengguna Internet

Menurut sumber, 89 % Pengguna Internet aware dengan adanya Harbolnas. Hal ini sebanding dengan tahun 2016 dengan persentase serupa. Tingginya persentase ini tak lepas dari promosi yang gencar. Tak hanya marketplace dan penjualnya, pun pembeli online menanti hal ini.

Postingan warganet di dunia online membantu penyebaan informasi akan Harbolnas. Ditambah dengan kesadaran bagi yang belum mengetahuinya atau lupa akan Harbolnas. Dari survey yang dilakukan  Nielsen, Social media atau Website masih menjadi penyumbang terbesar akan kesadaran dan informasi akan Harbolnas.

Main Source (dok.Nielsen)
Main Source (dok.Nielsen)
Media Sosial pun turut menyumbang dengan peningkatan 3 persen dari tahun sebelumnya. Oleh karenanya, Media Sosial menjadi media yang sangat berarti untuk digunakan penyebaran informasi. Berbagai macam teknik marketing yang kemudian ditambah hal menjadi viral akan semakin menunjang penyebaran informasi.

Harbolnas berdasar usia (dok.Nielsen)
Harbolnas berdasar usia (dok.Nielsen)
Usia remaja saat ini telah melek akan internet membuat mereka juga menjadi penyumbang dalam geliat Harbolnas. Ada peningkatan yang cukup signifikan yakni 28 persen untuk suaia 15-24 tahun. Peningkatan ini cukup baik dibanding dengan usia di atasnya yang cenderung turun.

Anak-anak yang sudah melek akan gadget hingga remaja sudah menjadi hal lumrah remaja memagang gadget, mendukung pendidikan akan melek internet. Tentunya batasan akan usianya perlu ditanamkan bagi keluarga, lingkungan serta pemerintah.

5 Persen yang baru (dok.Nielsen)
5 Persen yang baru (dok.Nielsen)
Harbolnas juga meningkatkan penjual online. Banyak penjual yang biasa dengan offline mulai melirik online.Harbolnas adalah momentum melakukan hal ini. Tercatat sekitar 5 persen peningkatan, yakni adanya orang baru dalam hiruk pikuk belanja online.

Gratis Ongkir nomer 2 (dok. Nielsen)
Gratis Ongkir nomer 2 (dok. Nielsen)
Diskon dan Gratis Ongkir!

Apa yang dicari dari belanja online? Ternyata Diskon yang berlimpah menjadi daya Tarik tersendiri. Pada jaman kecepatan internet yang sudah 4G dan menggunakan Fiber Optik, diskon ini bisa saling dibandingkan. Banyak penjual dan marketplace bisa saling dibandingkan pembeli online.

Hal demikianlah yang saya lakukan pula saat membeli suatu barang di marketplace. Pun demikian kecepatan tanggapan hingga rating penjual yang telah melayani pembeli juga menjadi pertimbangan tersendiri dalam memutuskan transaksi online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun