Olahraga

Jenderal TNI Mulyono Buka Lomba Peleton Tangkas 2017

13 Mei 2017   12:59 Diperbarui: 13 Mei 2017   13:04 54 0 0
Jenderal TNI Mulyono Buka Lomba Peleton Tangkas 2017
Prajurit Saat Upacara Pembukaan Peleton Tangkas 2017

CIPATAT - Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono membuka Lomba Peleton Tangkas Periode I TA 2017 di Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD pada Jumat, 12 Mei 2017.

Menurut Jenderal Mulyono Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode I TA. 2017 ini merupakan edisi spesial. Sebab, Lomba Peleton Tangkas kali ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya.

“Karena selain diikuti oleh 15 Kontingen sebelumnya juga diikuti oleh 2 Kodam Baru yaitu Kodam XIII/Merdeka yang diwakili oleh Yonif 715/Motuliato dan Kodam XVIII/Kasuari yang diwakili Yonif Raider Khusus 752/Vira Yudha Sakti,” ujar Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono.

Jenderal Mulyono berpesan, agar kegiatan ini hendaknya dimanfaatkan oleh kedua Kodam tersebut. Tujuannya adalah jelas untuk mengisi lembaran baru dengan menorehkan sejarah Kodam dengan prestasi yang gemilang. Sehingga bisa menjadi awal yang baik sekaligus kebanggaan bagi prajuritnya.

Lebih lanjut Jenderal Mulyono menjelaskan, selain diikuti oleh 2 Kodam baru, Lomba Peleton Tangkas kali ini diikuti oleh satuan- satuan Raider dan Para Raider. Yang merupakan satuan tempur andalan TNI AD, kecuali Kodam XIII/Merdeka dan Kodam XIV/Hasanuddin yang diwakili oleh Yonif Reguler. Karena Yonif Raider sedang melaksanakan tugas operasi, serta Kodam Jaya/Jayakarta yang tidak memiliki satuan Raider. Oleh karena itu, dari 17 peserta yang mengikuti Lomba, terdapat 14 satuan merupakan Yonif Raider atau Para Raider dan 3 satuan lainnya merupakan Yonif Reguler dan Mekanis.

“Dengan demikian kegiatan Lomba Peleton Tangkas ini merupakan Special Edition,” Jenderal TNI Mulyono menegaskan.

Jenderal TNI Mulyono berharap, dengan adanya Lomba Peleton Tangkas ini mendapatkan data yang valid soal gambaran kualitas dan profile satuan Raider dan Para Raider. Itu dilakukan guna untuk menentukan standarisasi satuan Raider. Sehingga pembinaan satuan Raider dan Para Raider kedepan akan semakin terarah dan terukur.

“Kepada para peserta dari satuan non Raider hendaknya tidak berkecil hati untuk berlomba dengan prajurit-prajurit Raider,” ucap Jenderal TNI Mulyono.

Jenderal TNI Mulyono menegaskan kembali, bahwa sesungguhnya tidak ada prajurit yang hebat. “Yang ada adalah prajurit yang terlatih serta akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri apabila satuan yang berlomba bisa saling mengungguli rekan-rekan satuan dari satuan Raider/Para Raider,”.

Untuk diketahui, hadir dalam acara pembukaan Lomba Peleton Tangkas ini, Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Irjenad, para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Para Pangdam, para Direktur/Komandan/Kepala Balakpus Angkatan Darat serta undangan lainnya. Sesuai rencana, lomba ini akan berlangsung selama 11 hari mulai 12 hingga 22 Mei 2017.