pilihan

Kembangkan Kecerdasan Linguistikmu

10 Agustus 2017   10:16 Diperbarui: 10 Agustus 2017   15:22 200 1 1
Kembangkan Kecerdasan Linguistikmu
sUMBER: qolbunhadi.com




sumber; https://bukanbocahbiasa.com
sumber; https://bukanbocahbiasa.com
Salah satu kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) yang diperkenalkan oleh Howard Gardner adalah kecerdasan linguistik. Dia adalah salah satu direktur pada sebuah kelompok penelitian di Harvard Graduate School of Education.

Mungkin karena berbahasa kita anggap sebagai hal yang biasa, maka kecerdasan linguistik/kecerdasan berbahasa kurang kita kenal secara rinci. Berbahasa meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Orang dengan kecerdasan linguistik yang berkembang baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

- Mampu mendengarkan dan memberikan respons pada kata-kata yang diucapkan dalam suatu komunikasi verbal.

- Mampu menirukan suara, mempelajari bahasa, serta mampu membaca dan menulis karya orang lain.

- Mampu belajar melalui pendengaran, bahan bacaan, tulisan, dan melalui diskusi atau debat.

- Mampu mendengar dengan efektif, serta mengerti dan mengingat apa yang telah didengar.

- Mampu membaca dan mengerti apa yang telah dibaca.

- Mampu berbicara dan menulis dengan efektif.

- Mampu mempelajari bahasa asing.

- Mampu meningkatkan kemampuan bahasa yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari.

- Tertarik pada karya jurnalisme, berdebat, berbicara, menulis, atau menyampaikan suatu cerita atau melakukan perbaikan karya tulis.

- Memiliki kemampuan menceritakan dan menikmati humor.

Kecerdasan linguistik tidak hanya meliputi kemampuan menulis dan membaca. Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan berkomunikasi. Jika kita berkomunikasi, kita menggunakan 3 komponen. Tiga komponen itu adalah kata yang digunakan, suara atau intonasi nada yang digunakan saat mengucapkan kata-kata tersebut, dan bagaimana kita menggunakan ekspresi wajah dan bahasa tubuh untuk menegaskan apa yang kita sampaikan.

Dari ketiga komponen itu ternyata pemilihan kata menempati urutan paling kecil dalam hal efektifitas, yaitu hanya 7%. Nada suara atau intonasi menempati urutan kedua, yaitu 38%, dan yang paling berpengaruh adalah ekspresi wajah dan bahasa tubuh, yaitu sebesar 55%.

Komunikasi yang baik tidak hanya berbicara. Kita juga perlu melatih keahlian mendengar. Sering kali keahlian ini diabaikan dalam komunikasi. Orang cenderung lebih suka berbicara daripada mendengar.

Bagaimanakah cara mengembangkan kecerdasan linguistik itu?

1. Menjadi pendengar yang efektif

- Anda harus bisa mencari/menemukan hal yang sedang dibicarakan.

- Jangan terlalu terpengaruh dengan cara penyampaian informasi/suatu ide, tetapi isi informasi yang disampaikan.

- Anda harus dapat menahan diri untuk tidak langsung memotong pembicaraan.

- Selama mendengarkan lawan bicara Anda, berusahalah untuk fokus memerhatikan.

Sebaiknya jangan hanya mendengarkan. Latihlah pikiran Anda dengan mengolah informasi yang Anda terima dan tetap terbuka dengan ide-ide apa pun yang disampaikan. Ajukan pertanyaan dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda. Ini akan semakin meningkatkan intensitas komunikasi Anda.

2. Melatih keterampilan berbicara

- Bergabung dengan suatu organisasi.

Dengan mengikuti organisasi, Anda akan bersosialisasi dengan orang lain. Secara alami, komunikasi akan terjalin sehingga public speaking akan menjadi sebuah kebiasaan.

- Bercerita dengan memilih kata secara acak.

Caranya, ambillah sebuah kamus. Lalu pilih satu kata secara acak. Kemudian buatlah suatu cerita dengan menggunakan kata yang telah Anda pilih sebagai topik pembicaraan Anda.

- Bercerita dengan memilih obyek secara acak.

Pilihlah suatu obyek yang ada di sekitar Anda. Misalnya Anda memilih obyek jalan raya. Sekarang coba Anda bayangkan jika jalan raya itu besarnya 50 kali dari keadaannya sekarang. Apa yang terjadi? Contoh lain, Anda memilih obyek pesawat terbang. Lalu Anda bayangkan jika pesawat terbang itu berbentuk 20 kali lebih besar dari kondisi sekarang. Apa yang terjadi? Bagaimana kalau sebesar mobil? Apakah akan ada perubahan pada sistem transportasi?

- Diskusi

Tetapkan satu topik menarik. Ajaklah beberapa kawan yang mempunyai minat yang sama dan diskusikan topik tersebut. Sebelum berdiskusi, ada baiknya Anda mempelajari materi yang akan dibicarakan. Ini berguna agar Anda mempunyai dasar pengetahuan mengenai topik yang dibicarakan.

- Debat

Sebelum melakukan debat, tetapkan dulu bahwa tujuan debat ini bukanlah untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah. Debat ini lebih ditujukan bicara, kemampuan mendengar, logika, dan penguasaan diri.

Berbicara adalah kegiatan yang biasa kita lakukan. Kita tidak menyadari lagi berapa kalimat yang kita ucapkan dan yang kita tulis dalam sehari. Marilah kita melatih dan mengolah kecerdasan linguistik kita karena pada hakikatnya semua orang dikaruniai kecerdasan tersebut. Selamat mengembangkan kecerdasan linguistik Anda!