Ekonomi

Strategi Merger dan Akuisisi

17 Juli 2017   11:39 Diperbarui: 17 Juli 2017   11:54 106 0 0

7-1 The popularity of Merger and Acquisition Strategis

Popularitas merger dan akuisisi pada perusahaan perusahaan karena diyakini strategi ini dapat membatu mereka untuk mengimprovisasi kemampuan untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan termasuk bagi stakeholders.

7-1a Merger, Acquisition, and Takeovers: What Are The Differences?

Merger : strategi dimana dua perusahaan sutuju untuk menintegrasikan operasi mereka dengan dasar relative konsekuensi.

Akuisisi: strategi dimana salah satu perusahaan membeli dan mengontrol sebagian besar dari perusahaan yang diakuisisinya.

Takeover: tipe special dari akuisisi dimana perusahaan yang dituju tidak ingin untuk diambil alih control perusahaannya.

  • Alasan Akuisisi

7-2a Meningkatkan Kekuatan Pasar

  • Mencapai kekuatan pasar yang lebih besar merupakan alasan utama akuisisi. Kekuatan pasar muncul ketika perusahaan mampu menjual barang atau jasa diatas level kompetitif atau ketika penggunaan biayanya lebih rendah dari kompetitor.
  • Akuisisi Horizontal
  • Merupakan akuisisi perusahaan yang bersaing di industri sama. Akuisisi ini  meningkatkan kekuatan pasar dengan mengeksploitasi cost-baased dan revenue-based. Penelitian menungkapkan bahwa akuisisi horizontal menghasilkan performa lebih tinggi ketika perusahaan memiliki karakteristik yang mirip seperti strategi, gaya manajerial, dan pola alokasi sumberdaya.
  • Akuisisi Vertikal
  • Akuisisi vertikal mengacu pada pengakuisisian suplier dan distributor dari barang atau jasa. Melalui akuisisi vertikal perusahaan yang baru terbentuk mengendalikan bagian tambahan dari value chain, dimana kekuatan pasar dapat meningkat.
  • Akuisisi Terkait
  • Merupakan akuisisi perusahaan dengan industri yang tinggi keterkaitannya. Dengan akuisisi ini perusahaan menciptakan nilai melalui sinergi yang dapat dihasilkan dari integrasi sumberdaya dan kemampuan.

7-2b Overcoming Entry Barriers

Penghalang untuk masuk merupakan faktor yang berkaitan dengan pasar atau perusahaan sedang beroperasi, dimana bebannya meningkat dan perusahaan baru sulit menghadapi pasar yang sudah ada. Sebagai contoh, kompetiror yang sudah lebih dulu berdiri mampu mencapai skala ekonomi dan loyalitas di pelanggan yang sudah terbentuk. Hal tersebut menyulitkan pendatang baru untuk menguasai pasar . Manfaat kunci dari strategi akuisisi dalalm menguasai penghalang untuk masuk yaitu agar dapat mengakses pasar secara cepat terutama jika dihadapkan pada pasar internasional. Perusahaan multinasional dari negara yang ekonominya sedang berkembang mencari cara untuk memasuki pasar, dimana negara tersebut sedang berkembang karena cepat pertumbuhannya.

Cross-Border Acquisitions

Akuisisi diantara perusahaan dengan kantor pusat diberbagai negara disebut cross-border acquisitions. Perusahaan yang menggunakan strategi akuisisi ini tidak terlepas dari resiko akibat perubahan lingkungan, politik, ekonomi dan sosial. Jadi harus ada penelitian secara cepat agar manfaat potensialnya melebihi resiko yang dihadapi.