HIGHLIGHT

Harmoni, Stuktur Lagu dan Ekspresi dalam Musik

09 Januari 2011 17:17:13 Dibaca :

Harmoni


Harmoni atau ilmu harmoni dapat diartikan sebagai ilmu untuk menyusun dan menyambung akor-akor. Harmoni juga dapat dikatakan paduan nada, yaitu paduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dibunyikan secara serentak. Berdasar pengertian tersebut akor secara nyata terjadinya harmoni adalah bunyi dua nada atau lebih secara bersama-sama dalam satuan akornya. Dengan demikian akor menjadi dasar harmoni.


Harmoni memiliki pernanan sangat penting sebagai dasar pengetahuan dan keterampilan dalam menyelenggarakan musik disertai dengan latihan dan praktek secara sungguh-sungguh dalam bermain musik, bernyanyi, sehingga diperoleh pengetahuan, kesenangan, apresiasi, dan keterampilan musik.


Struktur Lagu


Bentuk / struktur lagu adalah susunan serta hubungan antara unsur musik dalam suatu lagu sehingga menghasilkam suatu komposisi atau lagu yang bermakna. Untuk memahami struktur lagu dapat diperbandingkan dengan struktur kalimat dalam bahasa, yaitu :


huruf = not


kata = motif


frase = frase


kalimat = kalimat musik


bait = alinea


lagu = karya (misal : puisi)


Sebuah lagu seperti halnya karangan terdiri dari bab, kalimat, anak kalimat, kata, dan seterusnya, maka lagu juga dibagi dalam kalimat musik. Jumlah kalimat musik tergantung pada panjang pendeknya lagu, sebagaimana sebuah karangan juga tergantung apakah itu prosa pendek atau panjang, puisi pendek atau panjang. Lagu yang paling sederhana terdiri dari empat atau delapan birama.


Unsur – unsur Struktur Lagu


1. Motif


Motif dapat diartikan suatu bentuk pola irama dan melodi yang pendek tetapi mempunyai arti. Motif berguna memberi arah tertentu pada melodi yang memberi hidup pada suatu komposisi. Sepasang motif biasanya membentuk frase.


2. Frase


Frase ialah bagian dari kalimat musik seperti halnya bagian kalimat dalam bahasa. Frase terbentuk dari beberapa not yang membentuk suatu pola irama tertentu dalam lagu.


3. Kalimat Musik


Kalimat musik adalah bagian dari lagu yang biasanya terdiri dari 4 – 8 birama. Kalimat musik terbentuk dari sepasang frase dan dua kalimat musik atau lebih akan membentuk lagu.


4. Fungsi Frase


Frase berfungsi sebagai tempat mengambil nafas ( mencuri ) tanpa menghilangkan makna lagu


5. Hubungan Frase


Bentuk hubungan itu dapat berupa pengulangan sebagian ( repetisi ), pengulangan bervariasi ( variasi, sekuens ), penambahan baru yang berlawanan ( kontras ). Pengulangan tersebut terjadi baik dalam pengulangan motif, frase, maupun kalimat.



Ekspresi


Ekspresi merupakan ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa tempo, dinamik dan warna nada dari unsur-unsur pokok musik dalam pengelompokkan frase (frasering) yang diwujudkan oleh seniman musik atau penyanyi atau disampaikan pada pendengarnya.



1. Tempo


Tempo adalah kecepatan lagu dan perubahan-perubahan kecepatan lagu.



2. Dinamik


Dinamik adalah tanda untuk menyatakan tingkat volume suara atau keras lunaknya serta perubahan keras lunaknya.



3. Warna Nada


Warna nada adalah ciri khas bunyi yang terdengar bermacam-macam, yang dihasilkan oleh bahan sumber bunyi yang berbeda-beda dan yang dihasilkan oleh cara memproduksi nada yang bermacam-macam pula.


KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?