Kesehatan

Khasiat Daun Bidara dalam Bidang Kesehatan

13 Agustus 2017   14:21 Diperbarui: 13 Agustus 2017   14:35 152 0 0

Apa itu daun bidara? Apakah ada yang tau manfaat daun bidara itu apa? Mengapa daun bidara mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan? Nah, untuk mengetahui semua itu akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Definisi Daun Bidara Bidara adalah golongan jenis tumbuhan yang berpohon kecil menghasilkan buah didaerah yang kering. Meskipun ukurannya sangat kecil namun kaya akan manfaatnya dalam kehidupan. 

Nama latin dari daun bidara adalah Ziziphus mauritiana. Bentuk dari daun ini tidak begitu lebar, mempunyai bunga-bunga yang berukuran kecil berwarna kekuningan. Kandungan nilai nutrisinya juga banyak seperti energi, protein, karbohidrat, gula, lemak, serat pangan, dan juga kaya akan air. 

Daun bidara sangat mudah dijumpai di daerah jakarta dan sekitarnya, biasanya banyak diperjual belikan dipasar buah atau daunnya bisa di olah menjadi makanan. Seperti daunnya bisa di gunakan untuk lalapan, jika buah bisa langsung dimakan atau juga bisa dibikin manisan dan jus buah segar. Daun bidara juga bisa ditanam di depan rumah asalkan berada pada musim kering maka ia akan dapat mudah tumbuh dan mempunyai kualitas buah yang bagus. 

Kedudukan Daun Bidara dalam Islam Daun bidara dalam islam mempunyai banyak pengaruh, selain di sebutkan dalam AL- Qur'an juga terdapat anjuran penggunaanya dalam hadist. Digunakan dalam proses ibadah seperti contoh digunakan untuk mandi para wanita setelah ia haid.

 Daun ini disunahkan untuk digunakan mandi wajib atau bersuci, bisa juga digunakan untuk memandikan jenazah, digunakan untuk meruqiah seseorang yang terkena gangguan dari sihir maupun ilmu hitam. Caranya biasanya dengan membacakan surah- surah ayat suci Al- Qur'an pada air yang telah di isi dengan daun bidara lalu meminumkan air tersebut kepada pasien ruqiah. 

Manfaat Daun Bidara Perlu kalian ketahui meskipun ini hanya daun namun siapa sangka bahwa daun mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan, seperti kesehatan jasmani ataupun rohani. Dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat serta cara menggunaknnya dalam kebutuhan, misalnya sebagai berikut : Daun bidara dapat digunakan untuk mengobati gangguan jin atau syetan. Tidak perlu khawatir jika di antara kalian ada yang terkena gangguan jin atau ilmu hitam bisa diobati dengan daun ini, jadi tidak harus langsung panik. Daun ini terkenal efektif untuk mengobati dari efek negatif dari jin maupun sihir. 

Caranya cukup ambil beberapa lembar daun bidara yang berjumlah ganjil boleh 5,7, atau 11 kemudian cuci bersih dan masukkan pada air yang sudah dibacakan ayat suci alqur'an, lalu berikan pada oarang yang terkena gangguan jin. Cara kedua bisa juga dengan digunakan untuk mandi seseorang yang terkena gangguan. Digunakan untuk mengobati orang yang terkena alergi atau bintik-bintik pada tubuh Caranya ambil daun bidara yang berjumlah ganjil lalu masukkan pada ember yang digunakan untuk mandi campur dengan garam lalu siramkan pada badan yang terkena penyakit. 

Daun bidara bisa digunakan untuk penurun demam Caranya ambil daun bidara cuci yang bersih lalu rebus daun dengan jumlah yang ganjil lalu minumkan pada anak yang demam Daun bidara digunakan untuk memandikan jenazah Daun bidara digunakan untuk penguat rambut Daun bidara bisa digunakan obat nyeri pada perut karena haid Caranya dengan direbus kemudian ambil sari dari air bidara lalu minum Daun bidara bisa meningkatkan napsu makan pada anak Caranya bisa digunakan lalapan atau di masak sayur bening. Dan buahnya juga bisa di bikin jus segar atau langsung dimakan. 

Daun bidara bisa digunakan untuk mengobati menurunnya syahwat atau ejakulasi dini Daun bidar bisa mengobati radang pada kulit Daun bidara dapat digunakan untuk memperbaiki sel- sel tubuh yang rusak, dll. Sekarang, tidak diaragukan lagi mengenai manfaat dan kelebihan dari daun bidara, kecil namun sangat kaya akan pengaruh manfaatnya dalam kehidupan. Kesimpulan Daun bidara adalah tanaman hidroponik yang mudah tumbuh di daerah iklim panas seperti indonesia. 

Daun ini sangat mudah dijumpai di jakarta dan sekitarnya. Karena akan banyak manfaatnya maka tanaman ini kebanyakn di tanam di rumah- rumah warga untuk dibudidayakan. Masyarakat memanfaatkan daun bidara untuk kehidupan sehari -- hari entah untuk pengobatan atau untuk dikonsumsi sebagai makanan. 

Daftar pustaka Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia, jil. 3: 1270.Yay. Sarana Warna Jaya, Jakarta. (sebagai Ziziphus Jujuba Lamk.)