Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Pegawai Negeri Sipil

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Persiba Kontra Perseru 'Perseteruan Keluar dari Degradasi'

7 Agustus 2017   09:53 Diperbarui: 7 Agustus 2017   10:10 275 3 1
Persiba Kontra Perseru 'Perseteruan Keluar dari Degradasi'
Persiba Kontra Perseru 'Perseteruan Keluar dari Jerat Degradasi', Rekor Tak Terkalahkan Persija Jakarta 12 kali Putus di Barito (sumber gambar: bola.com)

Putaran kedua pekan ke 18 Gojek Traveloka Liga 1 tersaji pertarungan sengit papan bawah antara tuang Persiba Balikpapan versus Perseru Serui di Stadion Parikesit, Balikpapan, Ahad (6/8/2017). Laga ini tentu berlangsung panas dan sengit, pasalnya kedua tim tengah berusaha lolos dari lubang jarum untuk tidak menjadi penghuni tetap zona degradasi.

Guna merayakan ulang tahun yang ke-67 Persiba Balikpapan tentu tidak ingin membuang peluang, seperti yang dialami Pusam Borneo FC. Mengawali putaran kedua Liga 1 di kandang tentu membuat klub Beruang Madu bertekad meraih tiga poin penuh. Pelatih Persiba Balikpapan, Milo Seslija, mencoba meracik tim asuhannya untuk bisa meraih hasil terbaik dalam pertandingan ini.

Sejak babak pertama kedua tim menampilkan permainan menyerang. Baik tim tuan rumah maupun tim tamu sama-sama memiliki peluang mencetak gol namun masih bisa ditepis kiper masing-masing tim. Justru tim tamu Perseru yang berhasil mencetak gol lebih dulu ketika laga baru berjalan empat menit. Arthur Bonai yang berhasil membobol gawang Persiba, setelah menerima umpan terobosan dari Lukas Mandowen. Skor 1-0, untuk Perseru.

Merasa tertinggal satu gol, Persiba meningkatkan daya gedor. Gol balasan akhirnya terjadi pada menit-8, lewat gol Anmar Almubaraki, kedudukan menjadi imbang 1-1. Tim beruang madu berhasil membalik keadaan melalui sundulan Sunarto memanfaatan umpan tendangan bebas Srdan Lopicic. Skor 2-1 untuk keunguulan tuan rumah, hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua perseteruan tetap seru, tidak terlihat bahwa yang berlaga tersebut tim juru kunci, tetap asyi serta menghibur meski sedikit kasar, toh dalam sepakbola memang seperti itu, baik level nasional maupun eropa. Kedua kubu berupaya menambah gol disisa waktu yang ada. Tapi selalu gagal.  Hingga babak kedua berakhir, kedudukan 2-1 berpihak kepada Persiba Balikpapan. Kemenangan ini membuat tim Beruang Madu naik satu peringkat ke posisi 17 dengan torehan 10 poin, sementara Perseru Serui bercokol diposisi 16 dengan raihan 15 angka.

***

Pada pertandingan lain tersaji laga seru antara Barito Putera versus Persija Jakarta. Dihelat di Stadion 17 Mei Banjarmasin Ahad (6/8/2017), pukul 18.00 WIB malam. Dimana laga tersebut dimenangkan Barito Putera 1-0 melalui sepakan kaki Muhammad Riqi dengan memanfaatkan kemelut didepan gawang Andretany Ardhiyasa. Laga ini ditutup untuk kemenangan Barito Putera sekaligus memutus rekor tak terkalahkan Persija Jakarta dalam 12 kali pertandingan beruntun.

Makassar, 7 Agustus 2017.