Ebert Ojong
Ebert Ojong Chief Technology Officer

Suka Nulis

Selanjutnya

Tutup

Jakarta

Menara Kompas, Indah dari Langit Pakai Drone

2 Agustus 2017   22:30 Diperbarui: 2 Agustus 2017   23:05 140 0 0

Berada di bilangan Palmerah Selatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kehadiran Menara Kompas; cukup menyita perhatian masyarakat.

Menara setinggi 138 meter ini memang cukup menjadi spot foto yang instagramable bagi mereka yang senang berswafoto dan mengunggahnya ke akun media sosial.

Keindahan foto Menara Kompas; pun cukup mudah ditemukan di aplikasi sosial media, Instagram.

Beragam foto, baik itu yang diambil saat pagi, siang atau malam hari, dapat kita jumpai. Namun, dari sejumlah foto yang ada, mayoritas diambil dari jarak jauh atau hanya dari bawah.

Belum ada seorang pun yang mengambil gambar dari atas atau udara. Lantas, bagaimana keindahan menara yang berada di dalam komplek perkantoran Kelompok Kompas Gramedia itu nantinya?

Melalui akun YouTube, Iam Eberhard, Ebert Ojong mencoba memberikan gambaran utuh keindahan menara itu dari langit.


Desainnya yang futuristik terekam dengan baik menggunakan dua unit kamera drone, Mavic Pro dan Phantom V2+.

Dari video yang diunggah, terlihat menara yang memiliki 27 lantai itu berdiri menjulang. Desain yang futuristik semakin terlihat jelas pada rancangan yang memiliki konsep hemat energi itu.

Ebert pun berupaya memberikan gambaran utuh dengan menggerakkan kamera mengeliling gedung hampir 360 derajat.

Di sisi lain, juga diperlihatkan gambaran atap dua gedung lainnya yang asri. Hamparan rumput menjadi pemandangan di setiap sudut atap yang teduh lantaran ditutup kanopi.


Selain itu, segarnya rumput yang hijau yang berada di sekitar lobi juga ditunjukkan.

Menara Kompas I merupakan salah satu dari tiga gedung yang dibangun di kompleks perkantoran tersebut.

Dua gedung lainnya, Menara Kompas II dibangun setinggi 92 meter yang mencakup 18 lantai, dan Menara Kompas III 228 meter dengan 50 lantai.

Jika kelak Menara Kompas III sejangkung 228 meter terbangun, akan menjadi pencakar langit tertinggi ke-40 di Indonesia.

Mengacu pada pemeringkatan pencakar langit dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat, ketinggian gedung tersebut mengalahkan pencakar angkasa lainnya, baik yang sedang dalam tahap konstruksi, eksisting, maupun masih dalam tahap proposal.

Menara Kompas akan menyalip ketinggian dari Waldorf Astoria Office Tower (223 m), Equity Tower (220 m), Telkom Landmark Tower (219 m), The Peak Apartment (219 m), St Regis Office Tower (218 m), dan Graha Energi (217 m).

Sementara itu, peringkat pertama pencakar langit tertinggi eksisting diduduki Gama Tower (288 meter)

Sumber: Kompas.com Properti