Mohon tunggu...
Muslifa Aseani
Muslifa Aseani Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Momblogger Lombok

www.muslifaaseani.com | Tim Admin KOLOM | Tim Admin Rinjani Fans Club

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Di Barisan Generasi Digital Penebar Semangat Positif

17 Agustus 2017   17:57 Diperbarui: 18 Agustus 2017   18:16 718
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karnaval 17an di Selong Lombok Timur (Dokumentasi Pribadi)

Dirgahayu Republik Indonesia. 

Milad ke-72telah tunai terlaksana. Upacara pengibaran bendera, penurunan, lomba-lomba nan meriah pun karnaval seru di berbagai daerah sebagian juga usai. Apalagi yang harus dirayakan? Kemeriahan serupa apa yang masih harus diburu?

Usia negara makin mendekati seperempat abad menuju genap seratus tahun berkenegaraan. 

Saya patut merasa bangga. Hidup di era pemerintahan dengan pergantian pucuk tertinggi di negara terjadi dengan enam karakter pemimpin berbeda. Masa-masa penuh hiburan di era 80-an sampai 90-an akhir. Masa-masa pergantian abad millenial yang diwarnai perkembangan teknologi, pun sampai pergeseran karakter generasi asbab perubahan teknologi tersebut.

Apa yang bisa saya perbuat? Terus-terusan berbangga diri, merasa menjadi bagian dari generasi terbaik bangsa?

Semoga tidak. Jangan sampai.

Yang bisa saya lakukan kemudian, mengawal kemerdekaan yang telah diperoleh para pejuang di masa-masa awal perebutan, pertahankan dan pelestarian kemerdekaan dahulu. Tak muluk-muluk. Cara-cara yang saya lakukan dengan pengetahuan yang saya miliki.

Siluet Rinjani Lombok dari halaman belakang RSUD Kota Selong Lombok Timur (Dokumentasi Pribadi)
Siluet Rinjani Lombok dari halaman belakang RSUD Kota Selong Lombok Timur (Dokumentasi Pribadi)
Sering mengakui diri sebagai penulis, blogger, riwayat kepenulisan saya berjejak di banyak keluarga blogger. 

Yang tertua, Loenpia.Net. Keluarga ini mengajarkan saya sisi-sisi teknis satu blog, yang kemudian bisa saya pahami dalam cara yang lebih sederhana untuk kemudian yang terapkan di blog-blog saya. Memasang koleksi foto pribadi di header blog, misalnya. Atau tambahkan widget ini-itu, sambungkan akun-akun sosmed ini itu di sidebar blog.

Keluarga besar berikutnya, Sasak.Org. Komunitas Sasak (suku terbesar di pulau Lombok, tanah kelahiran saya) diaspora yang berembuk sewaktu-waktu melalui milis dan juga web. Mengajarkan saya banyak bidang kepenulisan sesuai profesi masing-masing anggotanya yang beragam.

Dua keluarga besar saya ini, kebetulan sama-sama berulang tahun di bulan Oktober.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun