KANG NASIR
KANG NASIR profesional

Orang kampung, tinggal di kampung, ingin seperti orang kota, Yakin bisa...!\r\n

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Di SEA Games 2017, Ternyata Indonesia Juara!

6 September 2017   23:53 Diperbarui: 7 September 2017   10:20 1633 2 2
Di SEA Games 2017, Ternyata Indonesia Juara!
Illustrasi, dok.CNN

"Aku Indonesia, Aku Pancasila", begitulah  slogan yang ahir ahir ini terpampang dalam berbagai media. Slogan ini dimaksudkan untuk menggugah "nasionalisme" bangsa Indonesia.

Aku Indonesia merupakan sebuah pengakuan tentang Kebangsaan yakni kita ini adalah sebuah bangsa yang disebut Indonesia. Tidak pantas seorang yang berbangsa Indonesia tidak mencintai Indonesia.

Hal yang paling mudah tergerak dan muncul nasionalisme kebangsaan kita adalah dalam dunia olah raga. Orang Indonesia akan gegap gempita mendukung duta duta olah raga Indonesia yang sedang bertanding mempertahankan kehormatan bangsa agar Indonesia menjadi bangsa yang unggul dari bangsa yang lain dalam perhelatan pertarungan atau pertandingan dalam even apapun.

SEA Games 2017 --misalnya--, merupakan ajang pembuktian, apakah bangsa Indonesia lebih unggul dari bangsa lain di kawasan Asia Tenggara dalam bidang Olah Raga. Munculnya nasionalisme bukan hanya terpatri pada kontingen SEA Games saja, tapi hampir seluruh rakyat Indonesia, baik yang secara langsung datang ke Malaysia atau hanya melalui layar telivisi, turut  menyaksikan pejuang pejuang olah raga bertarung dan bertanding demi kehormatan bangsa.

Namun, hasilnya sudah kita ketahui bersama yakni munculnya kekecewaan yang teramat dalam dari ratusan juta rakyat Indonesia, bahkan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla tak bisa  menyembunyikan kekecewaannya. Orang waras bilang Indonesia jeblok.

Ditengah kritik dan munculnya beberapa komentar yang bernada kecewa terhadap hasil yang diperoleh kontingen Indonesia dalam SEA Games  Kualalumpur Malaysia tahun ini, pikiran tidak waras saya mengatakan, harus tetap bersyukur karena Indonesia tetap mempertahan juara!.

Ya namanya juga pikiran tidak waras, dasar pemikirannya hanya melihat ke belakang yakni hasil dari SEA Games 2015 di Singapura. Indonesia yang penduduknya kurang lebih 250 juta jiwa, hanya mampu menduduki urutan ke 5, kalah dari Thailand,Singapura, Malaysia, Vietnam. Demikian juga hasil dari SEA Games 2017, posisi urutan dalam perolehan medali tetap tak bergeming yakni masih kalah dari Malaysia, Thaland, Vietnam Singapore. Indonesia tetap diposisi urutan kelima.

Dengan demikian di SEA Games 2017 ini, Ternyata Indonesia menjadi Juara yakni Juara bertahan di urutan ke 5.