Mochamad Syafei
Mochamad Syafei pegawai negeri

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pernah juga mengajar di SMP N 228 Jakarta. Suka Menu Lis dan Me Mba Ca. Agar tidak jadi gila ....

Selanjutnya

Tutup

Jangan Gampang Menuduh

12 Agustus 2017   18:57 Diperbarui: 12 Agustus 2017   19:43 10 0 0
Jangan Gampang Menuduh
Dokumentasi Pribadi

Kalau terhadap seorang presiden saja tuduhan begitu mudah dilontarkan, apalagi pada orang biasa. Tuduhan merupakan sikap lemah diri. Orang yang menuduh adalah orang kerdil.

Tuduhan paling baru adalah tuduhan terhadap Presiden Jokowi sebagai seorang diktator. Kalau ditanya apa maksudnya diktator, pasti si penuduh hanya tunjuk sana sini gak jelas. Karena tuduhan memang tidak dilandasi apa apa kecuali kekerdilan dirinya ditambah kecurigaan yang degil.

Ada tuduhan terhadap partai politik yang tak setuju perpu ormas sebagai parpol intoleran. Ada tuduhan munafik terhadap afiliasi politik seseorang.

Dan masih banyak tuduhan tuduhan tak berdasar.

Penuduh bukan hanya orang tak sekolah atau tak beragama. Penuduh ada yang gelarnya doktor. Penuduh ada yang pengurus organisasi keagamaan.

Sehingga bisa disimpulkan jika penuduh tidak berkaitan dengan rendahnya pendidikan atau rendahnya pemahaman keagamaan. Penuduh lebih tepat berkaitan dengan kekerdilan sikap.

Mari hindari prilaku gampang menuduh.  Sebaiknya melakukan tabayyun, jika persoalan atau kabar berita yang tak rasional.

Mudah kan?