Mohon tunggu...
Hisyam Hidayatullah
Hisyam Hidayatullah Mohon Tunggu... -

Lulusan Universitas Negeri Surabaya tahun 2004, mengajar di SMP PGRI 1 Surabaya (2004-2005), SD-SMP Almuslim Cabang Sidoarjo (2005-2007), SDIT Ulil Albab (2007-2008),SMAN 8 Batam (2008-sekarang). Disamping itu, bekerja di institusi swasta seperti: Bimbel Phibeta(surabaya), Primagama, SSC, GO (Batam) dan Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA-Batam)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Konsep Pendekatan Scientific

3 September 2013   08:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:27 1000
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_266195" align="alignright" width="300" caption=""][/caption][caption id="attachment_266196" align="aligncenter" width="300" caption=""]

1379211951887477792
1379211951887477792
[/caption]

Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata. Sedangkan Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis. Fungsi guru mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
Di samping itu, guru juga mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran. Selain itu, guru juga mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
Secara umum pendekatan scientific, Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan tujuan pembelajaran dengan pendekatan scientific dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.
Langkah pada Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan seperti gambar berikut:
Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Untuk lebih jelasnya silahkan buka:
1. konsep pendekatan scientific filetype:pdf

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun