denmas noer
denmas noer jurnalis

penyambung lidah warga

Selanjutnya

Tutup

Jakarta highlight

Wisuda Pendekar, SH Terate Jaksel Santuni Anak Yatim Piatu

15 Oktober 2016   15:18 Diperbarui: 15 Oktober 2016   15:44 216 0 0
Wisuda Pendekar, SH Terate Jaksel Santuni Anak Yatim Piatu
Surahman (baju hitam kedua dari kanan) saat memberikan santunan. FOTO: Denmas

JAKARTA - Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Jakarta Selatan melakukan pengesahan (wisuda) pendekar (warga) tingkat satu di Padepokan Pencak Silat SH Terate, kawasan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10).

Untuk bulon Suro tahun 2016, sebanyak 55 pendekar akan di sahkan. Sebelum puncak acara pengesahan, dilakukan berbagai ritual, diantaranya penyembelihan ayam jago milik masing-masing calon pendekar.

“Ayam jago itu nantinya akan melambangkan sifat masing-masing pendekar.  Dipilih yang bagus dan sehat, sebelum disembelih telah dipelihara dengan sepenuh hati,” jelas Ketua SH Terate Cabang Jakarta Selatan, Letkol Marinir KRT H Surahman Reksonagoro.

Menariknya, untuk mendahului kegiatan pengesahan warga baru SH Terate Jakarta Selatan, pihaknya juga memberikan santunan terhadap ratusan anak yatim piatu dan kaum duafa di sekitar padepokan. “Acara seperti ini sudah rutin kita agendakan tiap tahun, tidak hanya di bulan Muharam saja. Tujuannya untuk saling berbagi rejeki, membantu mereka yang kurang beruntung,” lanjutnya.

Pria asal Ngawi Jawa Timur ini menambahkan, kegiatan sosial tersebut merupakan bentuk komitmen pengurus dan Dewan Cabang SH Terate Jakarta Selatan yang selama ini telah banyak melahirkan banyak atlet pencak silat.

“Diharapkan kegiatan seperti ini akan terus tertanam dalam jiwa setiap warga SH Terate, khususnya mereka yang digembleng dari Jakarta Selatan,” sambungnya.

Kepada pendekar SH Terate yang baru, Surahman mewanti-wanti agar bisa menjaga nama baik perguruan.  Mengingat, untuk menjadi seorang pendekar SH Terate harus melalui tahapan yang tidak mudah.

“Semoga setelah berlatih dari tingkat dasar, dengan sabuk polos, jambon, hijau, putih hingga disahkan menjadi warga SH Terate, mereka bisa menjadi manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah. Bisa menjadi warga SH Terate sejati, mau mengabdi pada masyarakat, mau melatih atau mengembangkan ilmu SH Terate yang telah didapat, dimana  pun mereka berada,” pungkasnya.

Hadir dalam acara penyembelihan ayam jago dan santunan anak yatim, segenap pengurus dan Dewan Cabang SH Terate Jakarta Selatan diantaranya, Hermaya, Mayor Zein, H Kusmin, Iswadi, Budi, Bagyo, Ujang Wartono dan Slamet Widodo. Bahkan istri Surahman, Hj  Yayuk Wiji Rahayuningtyas turut mendampingi pemberian santunan.  [mas]