pilihan

Perjalanan Ekstrem Terobati Keindahan Pantai Teluk Mekaki

20 April 2017   17:31 Diperbarui: 20 April 2017   17:50 52 2 0
Perjalanan Ekstrem Terobati Keindahan Pantai Teluk Mekaki
Dokumentasi pribadi

Sekotong– Pantai Teluk Mekaki adalah sebuah tempat wisata yang jarang dikunjungi orang. Namun keindahan panorama alam di Pantai Teluk Mekaki ini tidak kalah indah dengan wisata-wisata pantai yang ada di Lombok Tengah, seperti Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kute, Pantai Semeti dan Pantai Selong. Pemandangannya pun tidak kalah menarik dari Pantai Elak-elak dan pantai surat dimana pantai ini kita lalui jika ingin ke Pantai Teluk Mekaki. Karena bibir pantai teluk mekaki terlihat melengkung seperti bulan sabit dan airnya yang terlihat sangat biru ombaknya yang tidak pernah ada jeda berdebur-debur sepanjang waktu. Mengingat wisata terpencil ini terletak pada bagian selatan barat pulau Lombok mungkin jarak yang kita tempuh kesana cukup jauh namun dalam perjalanan kita tidak akan pernah bosan dan lelah karena sepanjang perjalanan kesana kita akan di hapit oleh gunung dan bukit di sebelah kiri jalan sedangkan sebelah kanan jalan terhampar laut biru sejauh mata memandang.

Apabila sudah memasuki wilayah sekotong barat nuansa keindahan pemandangannya akan berbeda, dimana akan banyak Home Stay, Bungalow yang berderetan termasuk hotel ternama di Sekotong, yaitu Hotel cocotinos yang berada di sebelah kanan jalan sebelum desa Pandanan dan Hotel Sundancer yang berada disebelah kiri jalan tepat sebelum jurang desa pengawisan.

Lanjut lagi ketika kita sudah berada di daerah pelangan kemudian menanjak menuju jalur Teluk Mekaki. Nuansa berbeda akan beda lagi yang kita temukan di sebelah kiri kanan jalan tepat pada desa Rambut Petung, beberapa titik di atas gunung terlihat beberapa tumpu ditandai dengan atap terpal warna biru yang menjadi tempat pencarian batu emas. Perjalanan-perjalanan menanjak dan suasana-suasana extreme yang dilalui akan menambah suasana keindahan perjalanan kita.

Sesampainya kita dipuncak perbatasan tidak jauh dari pertigaan yang menuju Teluk Mekaki, kita sudah bisa melihat bibir pantai dengan pasir putih yang diiringi deburan ombak yang tiada hentinya, ditambah lagi dengan pemandangan bukit-bukit kecil yang berada di tengah birunya lautan Teluk Mekaki. 

Sesudah sampainya kita tepat pada bibir pantai teluk mekaki, suasana yang kita alami akan berbeda lagi dimana ombak yang terlihat dari puncak perbatasan itu terlihat sangat kalem dari jarak yang sangat dekat namun deburan ombak itu terkadang terlihat extreme. Uniknya air di Teluk Mekaki ini bisa kita lihat secara kombinasi karena apabila kita lihat airnya di tepian pantai maka airnya terlihat warna hijau toska, akan tetapi jika kita memandng ke tengah laut airnya terlihat sangat biru. Kerang-kerang dan karang yang terhampar di sepanjang tepi pantai menambah keindahan panorama yang ada di teluk mekaki.

Ketika sampai di bibir pantai itu, sedikit demi sedikit rasa lelah dalam perjalanan yang dirasakan mulai menghilang karena sudah terobati dengan keindahannya. Pantai Teluk Mekaki ini memiliki kelebihan, yaitu mudah diakses oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat dibandingkan dengan wisata yang ada di Lombok tengah salah satunya wisata Batu Payung. Pantai Teluk Mekaki memiliki kelayakan yang cukup besar untuk dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisata lokal.