Mohon tunggu...
Irma Tri Handayani
Irma Tri Handayani Mohon Tunggu... Guru - Ibunya Lalaki Langit,Miyuni Kembang, dan Satria Wicaksana

Ibunya Lalaki Langit ,Miyuni Kembang,dan Satria Wicaksana serta Seorang Penulis berdaster

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Angkot Sabilulungan dan Gerakan Budaya Literasi

26 April 2019   13:26 Diperbarui: 26 April 2019   14:10 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Angkot Cileunyi-Cicalengka. (Dokumentasi pribadi)

Sekilas Tak ada yang aneh dengan angkot Cileunyi-Cicalengka ini. Karena saya akan menuju arah pintu tol Cileunyi, maka saya perlu menaiki dulu angkot trayek ini.

Jika biasanya saya dan si Cikal memilih duduk di depan bersebelahan dengan pak supir yang sedang bekerja dengan alasan supaya duduk lebih leluasa, maka kali ini kami memilih duduk di belakang.

Setelah duduk manis, dan senyam-senyum pada penumpang di depan, barulah saya tersadar ada yang tak biasa dari angkot ini.

Rak buku di dekat kaca belakang. (Dokumentasi Pribadi)
Rak buku di dekat kaca belakang. (Dokumentasi Pribadi)
Dashboard kaca belakangnya di pasangi besi yang dibuat menyerupai rak. Rupanya di dalam rak itu terlihat beberapa buku. Tak banyak sih bukunya tak sampai 10 kalau tak salah. Kondisi bukunya sedikit tak terawat karena keriting-keriting begitu. Saya dan si Cikal langsung mengambil satu buku.

Kami mengambil buku. (Dokumentasi pribadi)
Kami mengambil buku. (Dokumentasi pribadi)
Si Cikal mengambil buku kiat sukses berternak sapi, saya sempat beberapa kali menyimpan dan mengambil buku karena sepertinya judul bukunya bukan jenis fiksi melainkan seperti buku untuk para wirausaha.

Buku yang menarik untuk di lirik. (Dokumentasi pribadi)
Buku yang menarik untuk di lirik. (Dokumentasi pribadi)
Buku yang sempat saya buka dan baca adalah buku membuat minyak, sirup dan gula dari jagung. Sepertinya buku tersebut bagus, belum sempat saya lirik produksi dan penulisnya karena keburu terkagum-kagum pada taman bacan seadanya ini.

Di bawah rak buku tersebut, terpampang pengumuman untuk para pembaca. kurang lebih isinya mengatakan bahwa buku ini tak diperjual belikan, buku ini bukan untuk di bawa pulang, dan silahkan baca buku ini di dalam mobil. Kalau ada quote, kira-kira seperti inilah:

" Membaca adalah jembatan menuju sukses"

Pengumuman untuk penumpang. (Dokumentasi pribadi)
Pengumuman untuk penumpang. (Dokumentasi pribadi)
Saya kok merasa tertampar. Berapa banyak buku yang saya habiskan saat diam di angkot sepeti ini? Jawabannya, tak ada. Berapa status yang dibuat dan dibaca di media sosial, jawabannya? Banyak. Padahal buku dulu adalah benda yang begitu saya suka. Membaca buku di angkot adalah hobi saya selain di toilet tentunya. Sekarang semua terganti oleh smartphone.

Pantas si Cikal susah bener ya kalau disuruh baca buki, lah saya juga jarang sekarang baca buku. Dia sudah menjadi peniru saya yang baik. Maafkan ibu Nak!

Ingin saya pindah ke depan dan mewawaancarai pak Supir. Ih bapak kok cerdas banget ya idenya menyediakan buku untuk dilahap para penumpang selagi menuju sampai ke tujuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun