Mohon tunggu...
Humaniora

Pengapdian untuk Negeri

19 September 2017   19:33 Diperbarui: 20 September 2017   09:56 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Halo apa kabar Indonesia ku kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya yang sangat menyenangkan dan insyaallah bermafaat.Cerita ini saya ambil ketika saya mendapat tugas dari kampus tempat saya mengabdi ilmu, tugas ini di berikan kepada semua masiswa dan mahasiswi yang naik di semester lima , tugas tersebut adalah sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang sangat menyenangkan dan sangat seru sekali . Para mahasiswa di tempatkan didaerah --daerah terpencil yang masih membutuhkan pembanguan dan sangat membutuhkan mahasiswa mahasiswi yang bisa terjun langsungg ke masyarakat dan mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang di dapat untuk kemajuan masyarakat di sekita , para mahasiswa tidak di sarankan untuk melakukan pembanguna secara material karna di anggap itu sudah diatur oleh pemerintah tapi kita terjun kemasyarakat untuk melakukan pembngunan non finansial yang berbasis masjid dengan memberdayakan masyarakat di sekitar masjit untuk kemajuan umat islam didaerah terseb, kegiatan ini dinamakan KKM ( Kuliah Kerja Masyarakat ) .

Bayak sekali kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa dan tidak kalah lagi dengan kelompok saya yaitu kelompok 93 banyak sekali kegiatan yang kita lakuan. Kelompok kami datang di daerah yang sudah di tentuakn oleh universitas , daerah ini adalah daerah pertama yang saya datangi, ya .... ! walau sebenarnya saya asli Jawa Timur sendiri, tepatnya kita di tugaskan di desa Porwodadi , Lenggoksono, Tirtoyudo. Menurut saya daerah itu betul -- betul istimewa dan sangat menakjupkan, mulai dari perjalan yang berkelok -- kelok denga di hiasi pohon pisan dan cengkeh di sekitar jalannya, pemandangan yang sangat indah, udara yang begitu segar dan meyejukkan , dan pastinya masyarakat yang sangat luar biasa , para msyarakat menyambut kami denga sangat baik. Saya sangat senag berada di Lenggoksono karna banyak sekali ilmu dan pengalaan yang saya dapat selam KKM di sana , kelompok saya mengadaka banyak sekali dari molai kami datang sampai pulang .

Kelompok kami datang pada hari selasa tangal 4 Juli 2017 , kami mulai dengan perkenalan bersama masyarat dan seprakat desa seperti Pak RT , Kepala Desa dan masyarakat di sekiar masjid , lebih serunnya lagi ketika kita datang kita masih bingung dengan tempat tinggal karna kita sampai malam belum dapet tempat tinggal , hingga akhirnya kami di anter oleh Bapak Takmir , kerumah salah satu warga , ketika sampai disana ternyata kami ditawari untuk menginap dirumah beliau , sungguh bahagiannya kami , dan ternyata beliau adalah penasehat masjid yang kami tempati untuk pengapdian kami yaitu Masjid AL- FALAH, sungguh berutung kelompok kami karna kami tinggal di rumah penasehat masjid. Kami beres -- beres utuk membawa barang -- barang kami sekitar pukul 20.00 WIB kemudian kami beres -- beres dengan ditemani Ibu Prapto, beliau adalah istri dari Bapk penasehat dan kami istirahat dengan sangat nyaman dan nyeyak .

Kami memulai kegiatan pada hari kedua yaitu mulai dari rapat perkelompok dan kita dan kita bercengkrama dengan warga sekitar dan kami baru tau bahwa didaerah tersebut ada dua agama yaitu Islam dan Kristen , sangking rukunnya warga tidak terlihat perbedaan agama di antra warga, dan paling unuknnya lagi banyak warga yang memelihara anjing seperti memelihara kucing jadi saya bener -- bener kaget dan agak takut karna di daerah saya tidak ada anjing , uniknya lagi ada warga yang memelihara babi, ditempat itulah saya melihat hewan babi secara celas dan nyata. Kami juga mengajar TPQ dimasjid dan pada hari ketiga kami diberi amanah untuk mengajar 13 TPQ , kelompok kami bener -- bener kualahan karna anggota kami cuman 11 dan semua TPQ minta untuk diisi kakak -- kakak KKM , kami sangat senang karna respon dari warga sangat bagus tapi kamu juga merasakan kualahan karna anggota kami kurang sekali , tai secara berlahan kai bikin jadwal untuk ngajar di TPQ disekitar masjid. Selain ngajar kami juga melakukan yasinan setiap satu minggu sekali , tibaan, dan kai juga melakukan sholawat bersama adik -- adik disana ya ..... sambil menyalukan bakat saya dan sangat hebat sekali adek -- adik disana , kami juga melakukan sholawat akbar yang diadakan setiap 1 bualn sekai, di sana juga ada pertemuan NU se -- Tertoyudo , kami juga melakukan kegiatan pengajaran guru ngaji ,dan masih banyak sekali kegiatan yang kami lakukan . Progam yang sangat berkesan bagi saya yaitu toga , walaupun di daerah tersebut desa tapi sangat minim sayuran para warga membeli sayuran di tukang sayur atau para warga menyebutnya mlijo , jadi kami kelompok 93 mendirikan toga yang terdiri dari sayur -- sayuran , bunga dan buah -- buahan dilahan depan masjid.

Saya menyebut daerah yang saya tempati adalah surge dipojo Malang , kenapa saya bilang begitu pasti semua penasaran. Ya saya menamakn surga di pojok Malng karna saya menemukan beberapa wisata yang sangat menakjubkan disana , wisata tersebut sangat istimewa dan menakjubkan para wraga menamakannya , wisata bayu anjlok , keltakan dan bolu -- bolu , alkhmdulillah kami diberikan keesempatan untuk berkunjung ke tempat sisata tersebut karna wisata tersebut bisa ditempuh dengan menggunakan prahu yang disewakan oleh para warga sekitar, kata orang disekit apabila datang ke Lenggoksono belum ke banyu anjlok berarti dia belum pernah ke Lenggoksono, dan alkhamdulillahnya saya sudah merasakn indahnya panorama banyu anjok walau kami kehujanan di sana tapi pemandangan pantai dengan ditambah air terjunnya sangangat bagus dan patut untuk di perjuangkan dan rasanya saya pengen kesana lagi dan semoga saya bisa kesana lagi bersma teman satu kelompok saya ...... amin ....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun