Mohon tunggu...
Kukuh C Adi Putra
Kukuh C Adi Putra Mohon Tunggu... Lainnya - Praktisi Pendidikan

Alumni TK Budi Lestari Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berkomentar Secepat Cahaya

26 Februari 2019   15:22 Diperbarui: 26 Februari 2019   15:33 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Sejarah mencatat, butuh waktu 38 tahun radio mendapatkan 50 juta pengguna. Televisi berwarna mencapainya dalam kurun 13 tahun. Facebook lebih cepat lagi, hanya butuh waktu sekitar 3.5 tahun saja. Instagram ? 2 tahun ! Game Angry Birds lebih sadis, hanya membutuhkan waktu 35 hari saja untuk mencapai jumlah pengguna di atas. 

Lalu bagaimana jika suatu portal informasi yang menerbitkan artikel lewat jalur internet, berapa hari atau bahkan detik yang mereka butuhkan untuk mendapat 50 juta pembaca ? Kesimpulannya adalah akses informasi dewasa ini jauh lebih mudah, lebih instan dan praktis secepat cahaya. 

Pernahkah kita mendengar sebutan netizen yang budiman, maha benar, maha tahu, dan sebutan lainnya ? Tentunya sangat familiar sekali di telinga kita. 

Sebutan yang menurut sebagian orang adalah hal wajar atau mungkin karena untuk lucu-lucuan saja, sehingga tidak terlalu dibawa serius. Dan menjadi sangat wajar jika otak kita mampu merespon dengan cepat pergulatan informasi yang saat ini dipemudah sekali aksesnya. 

Hal tersebut perlahan menimbulkan gairah ingin tahu lebih dulu dan imbasnya berkomentar secepat cahaya tanpa tahu duduk permasalahannya. Lalu apa dampaknya ?

laju-pertumbuhan-internet-di-indonesia-5c74ee19c112fe02ca08faea.png
laju-pertumbuhan-internet-di-indonesia-5c74ee19c112fe02ca08faea.png

Sumber : www.goodnewsfromindonesia.id

Berdasarkan hasil survey APJII tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak 7x lipat dalam kurun waktu 10 tahun sepanjang tahun 2007 sampai dengan 2017. 

Dan pada survey yang sama, mayoritas pengguna internet menghabiskan waktunya untuk chatting dan bersosial media. Arus informasi yang cepat dan instan yang membuat siapa saja lebih mudah mengakses ternyata menimbulkan sifat agresif dan terburu-buru dalam menyimpulkan sesuatu. Karlina Supeli (2013) menyebutnya sebagai "Budaya Komentar".  

Salah satu tanda matinya kepakaran adalah munculnya komentar orang - orang awam di media sosial atas berbagai persoalan. Masalahnya, budaya komentar ini tidak dibarengi pengetahuan yang kukuh dan data valid. Kehadiran Google semakin membantu orang-orang narsis dan sok tahu untuk mengomentari sesuatu yang bukan keahliannya. 

Hal ini semakin memicu hilangnya kepercayaan terhadap para pakar, bukan lantaran mereka tidak kompeten, melainkan karena massa merasa tahu akan segalanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun