ASUS ZenPower Ultra Bikin Anda Bergawai Hingga Lebaran Kuda

30 November 2016 23:08:47 Diperbarui: 01 Desember 2016 00:46:15 Dibaca : Komentar : Nilai :
ASUS ZenPower Ultra Bikin Anda Bergawai Hingga Lebaran Kuda
ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)

Rasanya William Shakespeare akan tercengang bila hidup hingga hari ini. Kisah tragedi pasangan yang ditulisnya, "Romeo and Juliet", kini tak lagi menjadi kisah eksklusif yang mengiris dan memedihkan hati.

Berpasang-pasangan kini menjadi pemandangan yang tentu tak terkira olehnya. Paul McCartney dan Stevie Wonder, misalnya, berhasil mempopulerkan lagu "Ebony and Ivory" yang secara eksplisit mengungkapkan harmoni dari tuts-tuts piano.

Kini, dalam kehidupan keseharian di genggaman kita, muncul pasangan baru: Smartphone & Powerbank. Anda bisa sok-sok gimana gitu dengan lupa membawa Powerbank, namun ketika berada di wilayah tanpa colokan listrik, selamat tinggal deh koneksi dengan dunia!

Ini perangkat keseharian kita (Foto: Dokpri)
Ini perangkat keseharian kita (Foto: Dokpri)

Saya berkali-kali menyesali hal ini, terutama saat harus menempuh perjalanan jauh, teristimewa di luar kota atau luar pulau. Perjalanan menunaikan tugas "kenegaraan" sambil menabur info melalui medsos, bisa menghasilkan perasaan perih dan pedih. Ini kerap tak terhindarkan oleh sebab beragam, misalnya banyak aplikasi yang terbuka, kesulitan menggapai signal, atau kapasitas powerbank yang kurus kering tak bergizi. Dan ketika smartphone harus dimatikan, tamat pula fungsi kamera yang kerap amat praktis dan fungsional dalam merekam dan mengunggahnya ke dunia lain.

Black Beauty

Itulah latar keseharian kita, menjadi penyebab saya dibuat terkejut saat dipinjami sebuah powerbank berjuluk keren "ASUS ZenPower Ultra". Astaga! Saya bagai diserahi batako! Fiuh... memangnya berdaya guna alternatif buat nimpuk maling?

ASUS ZenPower Ultra mantap dalam genggaman (Foto: Dokpri)
ASUS ZenPower Ultra mantap dalam genggaman (Foto: Dokpri)

Jadi, hal pertama yang saya lakukan adalah menimang-nimang dirinya di tangan, lalu dengan penasaran mengecek ukuran dan bobotnya. Alhasil, saya disuguhi info menakjubkan ini. Dimensi: 175 x 59.6 x 22 mm. Berat badan: 420 gram. Bisa Anda bayangkan?

Tampangnya hitam polos. Kinerjanya bandel juga. ZenPower Ultra ini kapasitas baterai hingga 20100mAh. Untuk mengisinya, dibutuhkan 7.5 jam, itu pun sudah menggunakan Qualcomm Quick Charge 2.0. Dengan dua ports, Anda bisa mengisi daya dua perangkat sekaligus hingga berkali-kali. Jangankan smartphone, tablet pun akan disikatnya. Bandel tenan!

ASUS ZenPower Ultra 20100mAh (Foto: Dokpri)
ASUS ZenPower Ultra 20100mAh (Foto: Dokpri)

Port ganda ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)
Port ganda ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)

Itu sebabnya ingatan saya langsung terbang ke kisah "Black Beauty", sebuah novel klasik tentang seekor kuda hitam yang ditulis oleh Anna Sewell pada tahun 1877. Eh, tapi setelah saya mengeceknya di SINI, bukan hanya tersedia dalam warna hitam. Ia masih punya dua kawan berwarna, yaitu Silver dan Pink.

ASUS ZenPower Ultra terssedia dalam tiga warna pilihan (Foto: Dokpri)
ASUS ZenPower Ultra terssedia dalam tiga warna pilihan (Foto: Dokpri)

Sudah Bandel, Lincah Lagi!

ZenPower Ultra ini jelas bandel. Ia sudah pernah melewati banyak uji ekstrim untuk mengukur kualitas terbaiknya. Misalnya, ZenPower Ultra dapat menahan beban hingga 50kg yang membuatnya kokoh. Dan kekuatan kabelnya, pasti Anda belum tahu, punya kemampuan 5kg. Tak heran perangkat ini memimpin dengan 8 sertifikasi internasional.

Agar tak diragukan, ini daftar sejumlah perlindungan meyakinkan yang ingin saya bagikan:

  1. Temperature protection
  2. Short circuit protection
  3. Reset protection
  4. Input over voltage protection
  5. Output over voltage protection
  6. Input reverse direction protection
  7. Over charge/over discharge protection
  8. Output over current protection
  9. Cell PTC protection
  10. Adapter protection
  11. JEITA protection

Dengan bodi dan kemampuan segede gaban itu, ZenPower Ultra ini tidak kehilangan kelincahannya. Dukungan Qualcomm Quick Charge 2.0 membuat pengisian daya baterai lebih cepat hingga 1.75 kali. Dua port di tubuhnya membuat Anda bisa melakukan pengisian daya baterai untuk 2 device secara cepat dalam waktu bersamaan. Total output-nya pun bisa lebih dari 36W.

Kelengkapan ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)
Kelengkapan ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)

Bahkan ia dipermanis dengan lampu High Luminance LED yang tertanam di tubuhnya. Cahayanya terang memuaskan dan konon mampu bertahan selama tiga hari. Cocok banget sebagai penolong sempurna kala listrik tiba-tiba padam, seperti pengalaman traveling saya di Medan minggu lalu, atau sedang menyusuri jalan setapak gelap bersama si dia. Ehem #kode

Memberi Rasa Aman dan Siap Jalan Jauh

Saya tak sempat berlama-lama memakainya karena harus segera dikembalikan ke kawan. Namun Si Hitam yang sempat membuat saya tertegun ini telah mencuri hati dan membuat saya berketetapan untuk segera memilikinya. Hanya menunggu alokasi budget saja sih. Sudah terbayang, smartphone saya bakal happy bila Si Juliet-nya bakal bersisian abadi dalam kesehariannya.

Kamar istimewa buat kabel ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)
Kamar istimewa buat kabel ASUS ZenPower Ultra (Foto: Dokpri)

Jika selama ini bila akan menghadiri berbagai acara beruntun saya selalu was-was dan memilih beririt melakukan pemuktahiran informasi melalui media sosial, maka ini pilihan yang melegakan hati. Intensitas berkoneksi dan menggunakan berbagai platform media sosial tak akan menemui halangan lagi.

Dan pastinya, bila undangan traveling ke luar kota, luar pulau, hingga menjelajah ke pelosok masuk lagi, rasa aman saya sudah terselamatkan. Tweet di Twitter bakal lancar, update teks dan foto sebagai jurnal perjalanan di Facebook akan lincah, begitupun memperbarui Instagram akan mulus. Alhasil, pendana perjalanan saya pun akan bahagia. Tak perlu lagi merisaukan kapan lebaran kuda akan tiba. []

Ang Tek Khun

/khun

TERVERIFIKASI

Penduduk kota Yogyakarta • Sedang menyerap banyak hal, sedang belajar banyak hal.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article