Mohon tunggu...
Joko Winarto
Joko Winarto Mohon Tunggu... profesional -

Change Agen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pendidikan

12 Maret 2011   10:53 Diperbarui: 4 April 2017   18:27 220700
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

BABI

PENDAHULUAN

A.LatarBelakangMasalah

Pengetahuan itu bukanlah salinan dari obyek dan juga bukan berbentuk kesadaran apriori yang sudah ditetapkan di dalam diri subyek, ia bentukanperseptual, oleh pertukaranantara organisme dan lingkungan dari sudut tinjauan biologi dan antarafikirandanobyeknyamenuruttinjauankognitif.

Piaget,dalamBringuier, 1980, hlm. 110.

TeoriJeanPiagettentangperkembangankognitifmemberikanbatasankembalitentangkecerdasan,pengetahuandanhubungananakdidikdenganlingkungannya.Kecerdasanmerupakanprosesyangberkesinambunganyang membentukstrukturyangdiperlukandalaminteraksiterus menerusdenganlingkungan.Strukturyangdibentukolehkecerdasan,pengetahuansangatsubjektifwaktumasihbayidanmasakanak – kanakawaldanmenjadiobjektifdalammasadewasaawal.

Perkembangancaraberfikiryangberlainandarimasabayisampaiusiadewasameliputitindakandaribayi,praoperasi,operasikongkritdanopersaiformal.Prosesdibentuknyasetiapstrukturyanglebihkompleksiniadalahasimilasidanakomodasi,yangdiaturolehekuilibrasi.

Piagetjugamemberikanprosespembentukanpengetahuandaripandanganyanglain,iamenguraikanpengalamanfisikataupengetahuaneksogen, yangmerupakanabstraksidariciri – ciridariobyek,pengalamanlogismatematisataupengetahuanendogendisusunmelaluireorganisasi prosespemikirananakdidik .Srukturtindakan,operasikongkritdanoperasaiformaldibangundenganjalanlogis – matematis.

Sumbanganbagipraktekpendidikanuntukkarya – karyaPiaget mengenalipengetahuanyangdisosialisasikandarisudutpandangananak.Implementasikurikulummenjadipelikolehkenyataan bahwateorinyatidakmemasukanhubunganantaraberfikirlogisdanpelajaran – pelajaranpokoksepertimembacadanmenulis.

B.RumusanMakalah

a.PengertianKognitif

b.Prinsipdasar teori Piaget

c.Aspekinteligensi

d.TeoriPerkembanganPiaget

e.Implementasi teori perkembangan kognitif Piaget dalam pembelajaran

f.KritikTerhadapTeoriPiaget

C.TujuanPerumusanMasalah, Untukmengetahui tentang :

a.PengertianKognitif

b.Prinsipdasar teori Piaget

c.Aspekinteligensi

d.TeoriPerkembanganPiaget

e.Implementasi teori perkembangan kognitif Piaget dalam pembelajaran

f.KritikTerhadapTeoriPiaget

BABII

PEMBAHASAN

A.PengertianKognitif

Kognitif adalah salah satu ranah dalam taksonomi pendidikan. Secara umum kognitif diartikan potensi intelektual yang terdiri dari tahapan : pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehention), penerapan (aplication), analisa (analysis), sintesa (sinthesis), evaluasi (evaluation). Kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal).

Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain. Oleh sebab itu kognitif berbeda dengan teori behavioristik, yang lebih menekankan pada aspek kemampuan perilaku yang diwujudkan dengan cara kemampuan merespons terhadap stimulus yang datang kepada dirinya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata kognitif. Dari aspek tenaga pendidik misalnya. Seorang guru diharuskan memiliki kompetensi bidang kognitif. Artinya seorang guru harus memiliki kemampuan intelektual, seperti penguasaan materi pelajaran, pengetahuan mengenai cara mengajar, pengetahuan cara menilai siswa dan sebagainya.

Akan tetapi apa arti kognitif yang sebenarnya? Lalu apa perkembangan kognitif itu?

Jean Piaget (1896-1980), pakar psikologi dari Swiss, mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri. Dalam pandangan Piaget, terdapat dua proses yang mendasari perkembangan dunia individu, yaitu pengorganisasian dan penyesuaian (adaptasi).

Kecenderungan organisasi dapat dilukiskan sebagai kecenderungan bawaan setiap organisme untuk mengintegasi proses-proses sendiri menjadi system- sistem yang koheren. Adaptasi dapat dilukiskan sebagai kecenderungan bawaan setiap organisme untuk memyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan sosial.

Piaget yakin bahwa kita menyesuaikan diri dalam dua cara yaitu asimiliasi dan akomodasi. Asimilasi terjadi ketika individu menggabungkan informasi baru ke dalam pengetahuan mereka yang sudah ada. Sedangkan akomodasi adalah terjadi ketika individu menyesuaikan diri dengan informasi baru.

B.PrinsipDasarTeoriPiaget

Jean Piaget dikenal dengan teori perkembangan intelektual yg menyeluruh, yg mencerminkan adanya kekuatan antara fungsi biologi & psikologis( perkembanganjiwa).


Piaget menerangkan inteligensi itu sendiri sebagai adaptasi biologi terhadap lingkungan. Contoh: manusia tidak mempunyai mantel berbulu lembut untuk melindunginya dari dingin; manusia tidak mempunyai kecepatan untuk lari dari hewan pemangsa; manusia juga tidak mempunyai keahlian dalam memanjat pohon. Tapi manusia memiliki kepandaian untuk memproduksi pakaian & kendaraan untuk transportasi.

FaktoryangBerpengaruhdalamPerkembanganKognitif,yaitu:


  1. Fisik

Interaksiantaraindividudandunialuatmerupakansumberpengetahuanbaru,tetapikontakdenganduniafisikitutidakcukupuntukmengembangkanpengetahuankecualijikaintelegensiindividudapatmemanfaatkanpengalamantersebut.


  1. Kematangan

Kematangansistemsyarafmenjadipentingkarenamemungkinkananakmemperolehmanfaatsecaramaksimumdaripengalamanfisik.Kematanganmembukakemungkinanuntukperkembangansedangkankalaukuranghal itu akanmembatasi secara luasprestasisecara kognitif.Perkembangan berlangsungdengankecepatanyangberlainantergantungpadasifatkontakdenganlingkungandankegiatanbelajarsendiri.


  1. Pengaruhsosial

Lingkungansosialtermasukperanbahasadanpendidikan,pengalamanfisikdapatmemacuataumenghambatperkembanganstrukturkognitif


  1. Prosespengaturandiriyangdisebutekuilibrasi

Prosespengaturandiridanpengoreksidiri,mengaturinteraksispesifikdariindividudenganlingkunganmaupunpengalamanfisik,pengalamansosialdanperkembanganjasmaniyangmenyebabkan perkembangankognitifberjalansecaraterpadudantersusunbaik.

C.AspekInteligensi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun