Apa itu media baru (new media)? Selama skitar 60 tahun kita mempelajari bahwa media tergabung dalam "komunikasi media" dan mulai terbiasa menyatukan media dengan institusi atau organisasi tempat orang bekerja. Media yang dimaksud dikelompokkan menjadi media cetal, fotografi, iklan, film, penyiaran (radio dan televisi), percetakan, dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya zaman akan semakin berkembang pula media. Pemisahan antara kata "lama" dan "baru" pada media tersebut merupakan bentuk perubahan media.
Semenjak kemunculan Citizen Journalism, tidak adanya batasan yang jelas antara audience dan user (pengguna). Adanya pergeseran antara audience dengan user, dimana audience menjadi user dan konsumer menjadi produsen. Perubahan juga terjadi dalam bidang produksi, konsumsi, dan distribusi yang membuat perubahan-perubahan lain menjadi lebih kompleks. Â
-New textual experiences : jenis baru dalam media, kesenangan dan pola konsumsi media (permainan pada komputer, dan efek khusus pada film)
-New ways of representing the world : media menawarkan kemungkinan baru yang representasional dan pengalaman dengan lingkungan virtual yang immersive berbasis layar interaktif
-New relationship between subjects (users and consumers) and media technologies : perubahan penggunaan dan penerimaan gambar serta media yang digunakan sehari-hari
-New experiences of the relationship between embodiment, identity and community : pergeseran dalam pengalaman pribadi, pengalaman sosial setiap waktu dan tempat dalam skala lokal maupun global
-New conceptions of the biological body's relationship to technological media: tantangan dalam menerima manusia, alam, teknologi, dan media sebagai penunjang yang nyata dan virtual
-New patterns of organization and production : penyusunan kembali dan integrasi dalam budaya media, industri, ekonomi, akses, kepemilikan, dan kontrol serta regulsi.
Teknolgi telah mengubah banyak kehidupan manusia sejak pertengahan tahun 1980, terdapat sejumlah konsep yang menawarkan mengenai definisi karakteristik dari media baru secara keseluruhan. Istilah mengenai media baru dibagi menjadi beberapa hal yaitu digital, interactive, hypertextual, virtual, networked, dan simulated.
1.Digital
Digital dapat mengubah semua input data ke dalam bentuk angka-angka. Dalam ranah komunikasi, media representasional berbasis data ini memiliki bentuk kualitas cahaya atau suara yang memiliki kode dan dijadikan sebagai bentuk budaya seperti teks, grafik dan diagram, foto, gambar bergerak, dan lain sebagainya. Keseluruhan proses digital ini sangatlah berbeda dengan analog. Analog mengacu pada proses dimana satu set sifat fisik dapat disimpan ke bentuk sifat analog lainnya. Dalam istilah Yunani analog yang menggambarkan persamaan rasio atau proporsi dalam matematik.