Politik

Survei LSPI: Elektabilitas Mularis Djahri Kian Melejit

13 September 2017   11:05 Diperbarui: 13 September 2017   11:15 271 0 0
Survei LSPI: Elektabilitas Mularis Djahri Kian Melejit
Kicaunews.com

Menghadapi Pilkada Palembang 2018, nama-nama yang diprediksi bakal ikut berlaga kian mengerucut. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Senin (11/9/2017),  setidaknya ada lima nama kandidat yang paling dijagokan ikut berkontestasi. Mereka adalah Mularis Djahri, Harnojoyo, Lury Elza Alex, Fitrianti Agustinda, dan Yudha Pratomo Mahyudin.

Berdasarkan data survei LSPI yang dilakukan pada tanggal 2-8 September 2017, elektabilitas kelima bakal calon tersebut, saling kejar. Nama Mularis Djahri berada diurutan teratas dengan perolehan suara 25,4 persen, sementara Harnojo berada diangka, 23,1 persen, Sarimuda 22,3 persen Lury Elza Alex berada pada angka 8,5 persen, Fitrianti Agustinda 4,2 persen, dan Yudha Pratomo Mahyudin berada pada angka 1,6 persen.

Selain melakukan survei tentang elektabilitas bakal calon, LSPI juga merilis data kandidat terpopuler dalam menghadapi Pilkada Palembang 2018. Hasilnya, nama Harnojoyo secara popularitas menyaingi keempat bakal calon. Ia memperoleh suara  sebesar 91,2 persen diikuti Sarimuda 80,7 persen, Milaris Djahri 78,8 persen, Lury Elza Alex 49,8 persen dan Fitrianti Agustinda 42,2 persen.

Menurut Peneliti LSPI, Rachmayanti Kusumaningtyas bahwa proses peningkatan pengenalan responden, masih akan terjadi seiring dengan meningkatnya intensitas kampanye para kandidat. Kemudian tergantung bagaimana masing-masing dari Tim Pemenangan bekerja.

Ada yang menarik dari rilis terbaru survei LSPI tersebut. Yakni terus meningkatnya tingkat keterpilihan Mularis Djahri. Sebagaimana diketahui, saat LSPI melakukan survei pada 28 April sampai 4 Mei 2017 lalu, Mularis Djahri hanya memperoleh suara 18, 1 persen. Artinya, ada kenaikan yang signifikan terhadap tingkat elektabilitas Mularis Djhari.

Direktur LSPI mengatakan, kenaikan elektabilitas Mularis, secara signifikan terjadi karena intensitas kampanye di media sosial, dan semakin dekatnya Mularis Djahri dengan warga kota. Warga menilai beberapa program yang ditawarkan oleh Mularis Djahri lebih meyakinkan dibanding program dari kandidat lainnya.

Tingginya tingkat keterpilihan Mularis Djahri ini tentu menjadi sinyal negatif bagi lawan-lawan politiknya. Artinya, jika kandidat lainnya tidak bekerja secara maksimal, dipastikan Mularis Djahri akan mememangkan Pilkada Palembang dengan mulus.

Sekedar informasi, survei LSPI ini dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 820 yang diwawancarai lewat tatap muka, ada pun margin of error yang diterapkan sebanyak, 3,5 persen pada tingkat kepercayaab sebanyak 95 persen.