Di zaman yang serba instant seperti saat ini, pelaku usaha wajib untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk mengembangkan bisnisnya tidak terkecuali melalui media sosial mainstream seperti Facebook, Instagram, Line, Linkedin dan lain sebagainya.
Setiap media pemasaran memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing dalam penggunaannya. Misalnya Facebook. Cara promosi di media sosial khususnya Facebook boleh dibilang sangat efisien dibandingkan media promosi lainnya. Menurut data kuartal kedua tahun 2017 (per Juli), dari Facebook Indonesia, jumlah pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 115 juta user, padahal menurut Country Director Facebook Indonesia, saat dirinya bergabung dengan Facebook pada Maret 2016, pengguna Facebook masih 82 juta user per bulannya, yang berarti pertumbuhan pengguna Facebook meningkat hampir 40% dalam setahun.
Sebagai platform, Facebook telah melakukan banyak perubahan terhadap platform mereka misalnya dengan adanya edgerank yaitu jangkauan posting di halaman Facebook kian hari semakin mengecil. Namun jangan khawatir adanya edgerank dapat disiasati dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Buatlah halaman Facebook atau Fanpage
Hal pertama yang harus Anda pikirkan sebelum berjualan adalah halaman fanpage produk Anda. Akan Anda beri nama apakah halaman tersebut, foto dan cover Facebook.
Strategi pertama adalah pemasaran grup dimana Anda dpaat memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Facebook dimana penggunanya bisa berkumpul dan berdiskusi lewat grup sehingga mereka yang memiliki minat yang sama tentu akan membahas hal yang sama. Misalnya produk Anda kategori hobi memasak, maka disitu akan muncul grup yang berkaitan untuk mendapatkan pembeli yang berpotensi.
3. Meningkatkan EdgeRank
Hal ini bertujuan untuk memunculkan lagi kiriman Anda di news feed atau home semua teman Facebook Anda walaupun sudah 8 hingga 16 jam yang lalu Anda memostingnya. Apabila teman Facebook Anda sebanyak 2500, maka teman 2500 tersebut akan melihat semua.
Selain hal tersebut, berikut manfaat lain dari meningkatkan edgerank.
a. Konten menarik (sertakan foto, video, link)