PILIHAN HEADLINE

Bernostalgia dengan Film Serial Jadul

19 April 2017 09:35:33 Diperbarui: 20 April 2017 03:57:29 Dibaca : 335 Komentar : 6 Nilai : 8 Durasi Baca :
Bernostalgia dengan Film Serial Jadul
Keluarga Ingalls. Sumber : insp.com

Melihat program acara televisi masa kini itu terkadang membuat saya ingin kembali ke masa lalu. Betapa tidak, walaupun banyak pilihan channel, tapi tak serta merta membuat mata ini betah berlama-lama untuk memantengi program-program yang disiarkan.

Acara hiburan yang disuguhkan kalau tidak sinetron yang episodenya berjilid-Jilid gak keruan, reality show yang diselimuti dengan setting-an, program musik yang ngalay, pencarian bakat yang dipenuhi dengan drama, dan serial India. Untung saja masih ada pelipur lara, tak lain dan tak bukan adalah film animasi anak-anak. Berbeda dengan zaman dulu, walaupun channel televisi belum sebejibun sekarang, namun program acara hiburannya selalu dinantikan.

Little House on the Prairie. Bagi anak-anak tahun 80-an, serial ini adalah salah satu yang dinantikan. Film yang diperankan oleh Michael Landon dan Melissa Gilbert ini adalah serial yang disiarkan oleh satu-satunya televisi yang ada di negeri ini saat itu yaitu TVRI. Sangat menyenangkan menyaksikan keintiman keluarga Ingalls yang bersahaja, diselingi dengan teriakan Mrs. Oleson yang memanggil putrinya Nellie di antara tingkah badung putranya, Willie. Berbicara tentang keluarga, Growing Pains adalah sebuah serial komedi yang sangat menarik di zamannya. Berkisah tentang keluarga Seaver dengan berbagai permasalahan yang kerap terjadi.

Dibintangi oleh salah satu ikon aktor remaja tahun 80-an Kirk Cameron menjadikan serial komedi yang tayang selama tujuh tahun itu selalu menarik untuk ditonton. Dan di serial ini pula, untuk pertama kalinya saya melihat kemampuan akting aktor besar, Leonardo Di Caprio yang berperan sebagai anak angkat keluarga Seaver. Lagu tema serial ini berjudul As Long as We've got Eachother adalah salah satu lagu tema yang paling saya ingat.

Keluarga Seaver. Sumber : good house keeping
Keluarga Seaver. Sumber : good house keeping
Sezaman dengan Growing Pains, ada Family Ties. Serial komedi keluarga yang berkisah tentang keluarga Keaton. Dibintangi oleh Michael J. Fox dan Justine Bateman. Tayang selama 7 musim membuat mereka merasa menjadi layaknya keluarga sebenarnya.

Selain Family Ties ada pula Family Matters. Karakter yang paling saya ingat di serial yang berkisah tentang keluarga Afro-Amerika ini tak lain dan tak bukan adalah Steve Urkel. Urkel, remaja pintar namun sedikit nyleneh ini diperankan secara kocak oleh Jaleel White. Dengan suara bernada tinggi dan sengau menjadikan remaja yang cintanya selalu ditolak oleh tetangganya, Laura Winslow itu menjadi salah satu ikon terpopuler di film ini.

Full House, serial sitkom keluarga yang dibintangi adik Kirk Cameron yaitu Candace Cameron, Bob Saget, John Stamos, dan si kembar yang bermain secara bergantian, Mary Kate-Asley Oslen ini adalah serial sitkom keluarga yang berkisah tentang seorang ayah yang harus menjadi single parent bagi tiga anaknya.

Adapula kisah seorang kepala pelayan yang jenaka dan cepat tanggap dalam memecahkan segala persoalan, yaitu Benson. Diperankan oleh Robert Guillaume, aktor yang pernah bermain di serial sitkom The Fresh Prince of Bel-Air bersama Will Smith. Selain kepala pelayan, seorang pengasuh anak yang awalnya bekerja sebagai konsultan pengantin tak luput dijadikan tokoh sentral salah satu serial sitkom berjudul The Nanny. Diperankan oleh Fran Drescher yang juga pernah mengisi suara Eunice, istri dari Frankenstein di film animasi Hotel Transylvania.

Dunia ketentaraan pun pernah menjadi latar belakang salah satu kisah serial sitkom, yaitu Major Dad. Bagaimana dengan alien? Tentu saja ada. Alf adalah salah satu serial sitkom yang bercerita tentang alien yang terdampar di bumi dan tinggal bersama keluarga Tanner. Alf dipresentasikan oleh sebuah boneka yang jenaka dengan joke-joke yang menggelitik.

Superhero? My Secret Identinty, The Flash, Superman dan Hulk kiranya dapat mewakili.

Film tentang detektif pemerintah maupun swasta pun tak kalah bertebarannya layaknya serial komedi. Sebut saja MacGyver, seorang agen yang bekerja di Phoenix Foundation pimpinan Peter "Pete" Thornton. yang dapat melumpuhkan lawan hanya berbekal pisau lipat dan pengetahuannya tentang ilmu fisika dan kimia. Lalu ada Hunter, bercerita tentang dua polisi di Los Angeles yang memberantas kejahatan yaitu Rick Hunter dan Dee Dee McCall. Ada pula kisah para polisi dengan motor-motornya yang ikonik dibintangi oleh Eric Estrada yaitu Chips. Dan tak lupa Remington Steele, detektif swasta berkelas yang di perankan oleh salah satu Bond, Pierce Bronsnan.

Bagi penyuka kendaraan pintar yang dapat berbicara dan wira-wiri sendiri, pastilah tak akan pernah melupakan film yang di bintangi oleh David Hasselhoff, pria yang tercatat di Guinness World Record sebagai pria yang paling banyak di lihat di televisi yaitu Knight Rider. Ia dan mobil pintarnya, KITT bahu-membahu memberantas kejahatan yang semakin merajalela. Hasselhof pun dapat ditemui aktingnya di film penjaga pantai, Baywatch.

Selain beberapa profesi di atas, profesi hakim pun tak luput dari bingkaian. The Dark Justice adalah kisah tentang seorang hakim dengan tampang kece badainya menegakkan hukum dengan caranya sendiri. Selain seorang hakim, seorang mantan polisi yang menjadi buronan untuk kasus yang tidak ia lakukan dapat kita tonton kisahnya di film yang dibintangi oleh Lorenzo Lamas dan Brascombe Richmond, Renegade. Yang saya ingat dari film ini tak lain tak bukan adalah rambut indahnya Lamas dan aksesoris indiannya Richmond heuheu.

The Young Riders dan Magnificent 7 adalah dua serial wild west favorit saya. Sedangkan The A Team adalah serial yang menggabungkan aksi heroik dengan tawa. Hal itu tak lepas dari keberadaan Murdock yang mengidap post-traumatic stress disorder dan B.A. Baracus yang takut naik pesawat terbang sehingga teman-temannya harus membuatnya pingsan terlebih dahulu.

The A-Team Sumber : Den of Geek
The A-Team Sumber : Den of Geek
Selain itu saya pun menyukai serial Mission Impossible, menurut saya serial ini lebih menarik dibandingkan dengan versi layar lebarnya yang di perankan oleh aktor tampan di jamannya, Tom Cruise.

Untuk urusan ruang angkasa dan isinya, Star Trek: The Next Generations adalah serial yang wajib tonton. Selalu menyenangkan melihat berbagai macam kehidupan di luar angkasa bersama para awak USS Enterprise yang dikomandani oleh kapten Jean-Luc Picard.

Film yang merupakan kelanjutan dari Star Trek : The Original Series-nya kapten James T Kirk ini memiliki monolog indah yang disuarakan oleh sang kapten berkepala plontos berbunyi : "Space, The final frontier. These are the voyages of the Starship Enterprise. Its continuing mission: To explore strange new worlds. To seek out new life; new civilisations. To boldly go where no one has gone before!

Kapten Picard bersama awak Enterprise. sumber : Popular Mechanics
Kapten Picard bersama awak Enterprise. sumber : Popular Mechanics
Tersebutlah X-Files yang berkisah tentang dua agen FBI, Fox Mulder dan Dana Scully yang bergelut dengan kasus-kasus luar biasa yang tak terselesaikan. Serial yang sangat menarik dengan segala kemisteriusannya dan sukses membuat penonton terpaku di depan layar kaca selama 10 musim penayangannya. Film yang terkenal dengan salah satu slogannya yaitu "The Truth is Out There" ini dibintangi oleh David Duchovny dan Gillian Anderson.

Millennium mungkin adalah serial yang masih tayang di tahun 2000-an. Millennium adalah salah satu film serial thriller yang menarik. Berkisah tentang seorang mantan agen FBI bernama Frank Black, yang diperankan oleh Lance Henricksen, bekerja menjadi konsultan di sebuah organisasi misterius bernama Millennium Group. Black kerap memecahkan berbagai kasus pembunuhan berantai dengan kemampuannya melihat dari mata sang pelaku itu sendiri.

Frank Black tengah menyelidiki sebuah kasus. Sumber ; Media Hollywood
Frank Black tengah menyelidiki sebuah kasus. Sumber ; Media Hollywood
Nah, sekarang, bila ingin menikmati film-film serial semacam itu kita dapat menontonnya di saluran televisi berbayar atau pun via DVD.

Sekian.

Ika Septi

/ikasepti

TERVERIFIKASI

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana