HIGHLIGHT

"Menpora Cup" Turnamen Special Order?

07 September 2013 13:14:56 Dibaca :
"Menpora Cup" Turnamen Special Order?
-

sumber foto : http://stat.ks.kidsklik.com

Dalam menyusun sebuah perencanaan, perlu adanya analisa strategis yang dilakukan secara komprehensif, sehingga perencanaan yang kita buat itu benar-benar merupakan rencana yang matang untuk mencapai target yang akan dituju, kesuksesan yang dicapai pastinya selalu dilandasi dengan perencanaan yang baik pula, tapi kalau kita mengabaikan arti penting perencanaan jelas resiko kegagalan akan menjadi besar.

Terkait dengan “Ide Besar” yang dikeluarkan Menpora Roy Suryo dalam ranggka  merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Yang akan mengadakan pesta bola dalam turnamen “Menpora Cup” sesuai rencana akan diselenggarakan pada tanggal 20-28 September 2013 bertempat di Bandung dan Malang, dandiikuti oleh lima tim dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan tiga dari tim asing.

Tim dari ISL adalah Persib Bandung, Arema Indonesia, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan Persepam Madura. Sementara tim dari luar negeri adalah dari Australia League (A-League), yaitu Central Cost Mariners (Australia), Lolola Meralco Sparks FC (Filipina), dan tim nasional Malaysia U-23 (Malaysia).

Peserta nantinya akan dibagi menjadi dua grup. Grup A akan bermain di Bandung di Stadion Jalak Harupat dan Grup B bermain di Malang Stadion Kanjuruhan. Setiap juara grup akan bertemu langsung di partai final pada 28 September 2013 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Adanya Menpora Cup ini diharapkan mampu menambah pengalaman dari klub-klub sepak bola dan memberikan tayangan yang berkualitas bagi masyarakat bola di Indonesia dimana seluruh pertandingan turnamen ini akan ditayangkan langsung oleh MNC TV. Menpora cup ini nantinya akan memperebutkan trofi serta hadiah uang Rp 1 miliar seperti yang disampaikan menpora Roy Suryo beriktu ini,

”Selain kompetisi resmi, berjalan juga sebuah kompetisi yang sifatnya hiburan dan bukan hanya ada klub lokal. Segala cara kami lakukan untuk membangkitkan gairah sepak bola di Indonesia,” ujar Roy.

"Ide awalnya kta akan mempertandingkan 4 terbaik ISL dengan 4 terbaik dari IPL. Tapi karena ada jadwal yang tidak cocok, maka kita gantikan dengan tim-tim dari luar negeri," ucap Roy.

Jujur sepertinya turnamen ini terkesan terlalu dipaksakan, kalau kita lihat dimana pada awalnya  Turnamen Menpora Cup 2013 ini rencananya akan di gelar Tanggal 9-21 September 2013 di Malang, Jawa Timur, dan direncanakan akan diikuti oleh 8 klub top, baik dari Indonesia, Malaysia dan Australia. dalam perkembangannya terjadi perubahan baik tempat berubah menjadi Bandung dan Malang sementara waktu berubah menjadi tanggal 20-28 September 2013.

Seperti yang pernah diberitaka awalnya Menpora Cup 2013 dijadwalkan akan diikuti beberapa klub papan atas Tanag Air. Seperti Sriwijaya FC (SFC), Persib Bandung, Persipura Jayapura, Arema Crounus, timnas U-23 Indonesia, tapi dalam perjalanan tim nasional (timnas) U-23, dan Persipura Jayapura menarik keikutsertaannya, dan diikuti juga oleh klub asal Australia yaitu Adelaide United,  Dimana kalau kita lihat mundurnya beberapa klub tersebut lebih dikarenakan mundurnya jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013. Dan beberapa alasaan yang memang bisa diterima seperti Timnas U-23 mundur karena memilih fokus diajang Islamic Solidarity Games, sementara Persipura memilih fokus berlaga diajang Perang Bintang.

Sementra dari pihak pelatih dan pemain pun melihat sepertinya tournamen ini dipaksakan, seperti yang terjadi dengan Persib yang lebih memilih memutuskan untuk tetap fokus menghadapi sisa pertandingan di Indonesia Super League (ISL) 2013, yang menyisakan dua pertandingan melawan Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena.

“Kalau masalah waktu saya rasa tidak masalah. Selisih lima hari dari pertandingan terakhir ISL menuju pertandingan pertama Menpora Cup itu masih mencukupi untuk istirahat dan persiapan. Tapi yang tidak bagus itu dari sisi mental pemain. Pascakompetisi para pemain biasanya sudah jenuh, mereka ingin istirahat,” ucap Djanur.

“Di negara lain pun, pascakompetisi ada masa libur. Minimal rehat selama satu atau dua minggu. Malah kalau bisa ada jeda yang lebih dari itu, lebih bagus lagi kalau statusnya menjadi kompetisi pramusim, jadi sebelum kompetisi ISL musim depan bergulir,” kata Djanur

Begitu juga dengan tangapan dari pemain seperti yang disampaikan playmaker Persib, Firman Utina,  yang merasa jadwalnya kurang kurang ideal karena seharusnya saat itu para pemain memasuki waktu istirahat pascakompetisi.

“Saya merasa aneh, seharusnya pemain sudah masuk masa istirahat. Kita juga membutuhkan keleluasaan untuk libur sejenak. Masa pemulihan otot harus ada,” kata Firman di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (6/9/2013).

“Yang saya khawatirkan, setelah persiapan liga sesungguhnya di musim depan, stamina kita malah drop. Dan menurut saya sebagai pemain, jadwal Menpora Cup kurang ideal. Selain waktunya yang mepet, pelatih juga harus kerja keras, bagaimana caranya mempertahankan stamina para pemainnya,” tambahnya.

Akhirnya dari semua yang tertulis diatas yang dapat kita lakukan saat ini tak lain adalah turut mendo'akan  semoga turnamen ini bisa sukses dan bermamfaat bagi tim pesertanya,  sebagai laga pra musim untuk menghadapi musim kompetisi tahun depan….. Menpora Cup ini akan dibuka dengan laga antara Persib Bandung vs Malaysia U-23 di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jumat 20 September 2013 nanti, Sementara partai final akan berlangsung di Stadion Kanjuruhanan Malang pada 28 September 2013. Dan sistim pertandingan yang digunakan adalah masing-masing Juara grup A dan juara grup B akan langsung dipertemukan di partai final.

Berikut jadwal-lengkap-turnamen-Menpora-Cup 2013

Grup A – Bandung PERSIB Central Cost Mariners (CCM) Sriwijaya FC Tim Nasional U-23 Malaysia Grup B – Malang Arema Malang Loyola Meralco Sparks FC (LMS) Mitra Kukar Persepam Madura Jumat, 20 September 2013 - Bandung Pembukaan - 14.00 WIB Pertandingan I    PERSIB vs Malaysia U-23    MNCTV (Live) 15.30 WIB Pertandingan II    CCM vs Sriwijaya FC MNCTV (Live) 18.30 WIB Sabtu, 21 September 2013 - Malang Pertandingan I    Mitra Kukar vs Persepam Madura MNCTV (Live) 15.30 WIB Pertandingan II    Arema Malang vs LMS MNCTV (Live) 18.30 WIB Minggu, 22 September 2013 - Bandung Pertandingan I    Malaysia U-23 vs CCM MNCTV (Live) 15.30 WIB Pertandingan II    PERSIB vs Sriwijaya FC MNCTV (Live) 18.30 WIB Senin, 23 September 2013 – Malang Pertandingan I    Mitra Kukar vs LMS MNCTV (Live)    15.30 WIB Pertandingan II    Persepam vs Arema Malang MNCTV (Live) 18.30 WIB Selasa, 24 September 2013 – Bandung Pertandingan I    CCM vs PERSIB MNCTV (Live) 15.30 WIB Pertandingan II    Sriwijaya FC vs Malaysia U-23 MNCTV (Live) 18.30 WIB Rabu, 25 September 2013 – Malang Pertandingan I    LMS vs Persepam    MNCTV (Live) 15.30 WIB Pertandingan II    Arema Malang vs    Mitra Kukar MNCTV (Live) 18.30 WIB Sabtu, 26 September 2013 - Malang Pertandingan Final Juara Grup A    vs Juara Grup B    MNCTV (Live) 17.00 WIB Penutupan 19.30 WIB. ***

Borneo 07 September 2013

Salam Olah Raga

Hery Dakhrisman

/hr76211

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Banyak baca dapat menambah cakrawala pola pikir kita....suka bola & balap..
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?