Kata hype itu sendiri mempunya arti yang dapat berarti sangat senang atau sangat menantikan dalam suatu hal .
Juga dapat berarti strategi pasar dalam memasarkan suatu produk menjadi sangat heboh dan besar , yang menghasilkan pembeli menantikan produk tersebut karena "hype" tersebut dan biasanya barang seperti itu mempunyai harga jual lebih tinggi dari harga pasar.
Sedangkan banyak penduduk di Indonesia jaman sekarang telah mengikuti tren tersebut perlahan . Seperti dalam bidang sepatu , pakaian , dan merk merk yang dapat dibilang "branded" . Juga belakangan ini mulai dari tahun 2014 sering sekali diadakannya acara acara yg meliputi tema hype tersebut seperti : Solefest kuningan city , Jakarta sneaker day (Senayan city ) , Street wear market (kuningan city ) ,dan masih banyak lagi.
Semenjak penduduk Indonesia memiliki sumber daya untuk diandalkan dalam rilis sneaker,streetwear, dan merek baru , mereka dengan ketidakmampuan untuk berpikir sendiri telah mengikuti tren secara membabi buta - dan ada kalanya setiap pria telah membeli hype tersebut. Ini adalah tampilan sekilas bagaimana kebiasaan belanja dan selera pribadi seseorang dalam berpakaian hype .
Banyak orang Indonesia lebih mementingkan sepatu daripada pakaiannya , banyak juga yang lebih memikirkan sebaliknya lebih penting . Juga ada tipe orang yang membeli barang barang hype tersebut untuk dijual lagi karena dapat memiliki untung yang besar . Juga ada orang yang membeli barang tersebut bukan untuk dipakai atau dijual melainkan hanya untuk pajangan koleksi pribadi saja .
Contoh contoh merk atau brand yang booming di Indonesia dan dapat disebut hype ; dalam bidang sepatu : Nike , Adidas , Puma , Reebok , Converse, Asics dan masih banyak lagi . Sedangkan dalam bidang clothing / pakaian : Supreme , A bathing ape , Off white , Trasher ,Anti social social club , Stussy ,dan masih banyak lagi .