Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Novel Baswedan vs Carla Whitlock, Sama-sama Disiram Air Keras, Ini Perbedaan Kondisi Keduanya

7 November 2019   21:30 Diperbarui: 7 November 2019   21:43 6096
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masih dari berita yang sama, Daily Mail menyebutkan, "One Shot drain cleaner used had the highest concentration of sulphuric acid - 89% to 93% - which can be sold to the public and was a product recommended by plumbers, Miss Maylin said." 

Pada 24 September 2015 atau 6 hari setelah penyerangan, The Telegraph menayangkan wawancaranya dengan Carla. Pada caption-nya The Telegraph menuliskan, "Mum-of-six Carla Whitlock,37, suffered significant burns to her face, neck and arms and may end up losing her sight."


Jika membandingkan dengan rekaman video kondisi Novel Baswedan 8 hari setelah penyerangan yang dialaminya pada 11 April 2019 terlihat kondisi Novel lebihbaik tenimbang Carla Whitlock. 

Dari video tersebut juga terlihat jika luka yang diderita Carla bukan hanya pada mata yang membuat Carla kehilangan penglihatannya, melainkan juga wajah, leher,dan lengannya. Sebaliknya, wajah Novel terlihat tanpa luka.

Perbedaan kondisi kedua korban ini dimungkinkan karena tingkat kepekatan atau konsentrasi asam sulfat yang mengenai Carla lebih pekat dari yang melukai Novel. 

Kondisi Novel Baswedan pada 11 Aprl 2017 (Sumber: Detik.com)
Kondisi Novel Baswedan pada 11 Aprl 2017 (Sumber: Detik.com)

Berbeda dari luka yang diderita Carla Whitlock, dari sejumlah foto yang dirilis media,terlihat luka yang dialami Novel mendatar pada kedua mata dan sekitarnya (Dahi Novel yang terluka diakibatkan membentur pohon saat mencoba menghindari serangan.Detik.com).Bahkan hidung Novel yang berada di antara dua matanya pun tidak terlihat terluka. 


Perbedaan lainnya terlihat pada kondisi Carla dan Novel Baswedan beberapa waktu setelah hari H penyerangan. Pada 26 Maret 2016 atau sekitar 6 bulan setelah penyerangan yang dialami Carla, Daily Mail memergoki Carla dan memotretnya. Pada foto terlihat kondisi yang membaik dari sebelumnya. Begitu juga dengan kulit pada wajahnya.

Sedangkan,kondisi Novel Baswedan pada 6 November 2017 atau 7 bulan setelah tragedy menunjukkan kondisi mata Novel yang lebih buruk dari yang tampak pada video yang dirilis Net TV 7 bulan sebelumnya. 

Padahal,zat asam sulfat yang mengenai wajah Novel Baswedan dikatakan tidak pekat.Sementara, zat yang sejenis yang mengenai Carla Whitlock diketahui memiliki tingkat kepekatan 87-93 %.


Foto Novel Baswedan yang diambil pada 6 November 2017 (Sumber: Tribunnews.com)
Foto Novel Baswedan yang diambil pada 6 November 2017 (Sumber: Tribunnews.com)

Adapula satu foto kondisi mata Novel Baswedan yang lebih buruk dari kondisinya 6 November 2017. Foto tersebut diambil Hafidz Mubarak dari Antara ini. Dari foto tampak pupil bola mata kiri hampir tertutupi oleh kornea matanya membengkak(Belum diketahui kapan foto tersebut diambil. Tetapi ,Viva.co.id sudah memublikasikannya pada 11 Januari 2018.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun