Firstyarikha Habibah
Firstyarikha Habibah Mahasiswa S2

Mahasiswa S2 Ilmu Pangan Sekolah Pascasarjana IPB

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sudah Amankah Kemasan Pangan Keluarga Anda?

13 Agustus 2017   12:33 Diperbarui: 13 Agustus 2017   13:13 182 0 0
Sudah Amankah Kemasan Pangan Keluarga Anda?
Kemasan plastik sebagai wadah makanan (foto dari merdeka.com)

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan istilah kemasan. Kemasan adalah wadah untuk meningkatkan nilai dan fungsi suatu produk. Dalam pangan (makanan dan minuman), ada berbagai jenis kemasan, antara lain plastik, kaleng dan kertas. Kemasan yang paling banyak digunakan adalah plastik karena jenis kemasan ini dinilai mudah penggunaannya dan ringan dibawa. Untuk mengemas pangan keluarga pun kemasan plastik sering menjadi pilihan utama. Tengoklah wadah untuk bekal sekolah anak, air minum, menyimpan bumbu serta menyimpan makanan di rumah, pasti hampir semuanya berbahan baku plastik. Tapi tahukah anda bahwa tidak semua kemasan plastik itu aman digunakan untuk menyimpan pangan, terutama untuk digunakan berulang kali?

Ada 7 jenis kemasan plastik yang masing-masing mempunyai kode segitiga dan didalamnya ada angka 1 sampai dengan 7. Beberapa tahun yang lalu saya sempat mendengar bisik-bisik tetangga mengenai segitiga berisi angka ini, segitiga ini biasanya letaknya ada di kemasan bagian bawah. Katanya jika di dalam segitiga tertulis angka 1 berarti kemasan itu hanya boleh digunakan satu kali, kemudian jika 2 berarti boleh digunakan lagi hingga dua kali, begitu seterusnya. Namun ternyata bukan seperti itu. Angka di dalam segitiga itu menunjukkan jenis plastik yang digunakan. Berikut penjelasannya

Kode kemasan plastik
Kode kemasan plastik

1. PETE/PET (Polyethylene Terephthalate)

Plastik jenis PETE/PET ini biasa digunakan untuk membuat botol soda, botol air mineral, botol shampoo dan toples selai. Kemasan yang menggunakan PETE/PET  transparan/tembus pandang, jernih dan kuat. Direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PEMAKAIAN. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat, bisa menyebabkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker.

Kemasan plastik berbahan PETE
Kemasan plastik berbahan PETE

2. HDPE (High Density Polyethylene)

HDPE memiliki sifat bahan lebih kuat, keras, buram &  lebih tahan pada suhu tinggi. Biasa digunakan untuk kemasan susu, air dan jus, botol deterjen serta kantong/tas belanja. Direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PEMAKAIAN, karena pelepasan senyawa antimoni trioksida (menyebabkan kanker, iritasi kulit dan saluran pernapasan) terus meningkat seiring waktu.

Kemasan plastik berbahan HDPE
Kemasan plastik berbahan HDPE

3. V (Vinyl / Polyvinyl Chloride)

Memiliki karakter fisik yang stabil dan tahan terhadap bahan kimia. Bila digunakan mengemas bahan yang panas akan tercemar dioksin,yaitu suatu racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Biasa digunakan untuk botol shampoo, pipa paralon dan kemasan bening untuk makanan. Direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PEMAKAIAN.

Kemasan plastik berbahan PVC
Kemasan plastik berbahan PVC

4. LDPE (Low Density polyethylene)

Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah kuat, agak tembus cahaya, fleksibel & permukaan agak berlemak. LDPE sangat baik digunakan sebagai kemasan atau tempat pangan meskipun tidak dapat dihancurkan. Plastik jenis ini biasa digunakan untuk kantong roti, kantong makanan beku dan botol lunak yg dpt ditekan (botol saus, kecap, dll).

Kemasan plastik berbahan LDPE
Kemasan plastik berbahan LDPE

5. PP (Polypropilene)

Kemasan ini  transparan tapi tidak jernih atau berawan, lebih kuat & ringan, memiliki daya tahan yang baik terhadap lemak & air, bahan kimia, kuat, dan memiliki titik leleh yang tinggi dan stabil terhadap suhu tinggi serta cukup mengkilap.  PP merupakan Pilihan bahan plastik terbaik,digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk tempat makanan dan minuman. 

Kemasan plastik berbahan PP
Kemasan plastik berbahan PP

  

6. PS (Polystyrene)

Nama dagangnya adalah styrofoam. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi dan pertumbuhan serta sistem syaraf. Fungsi asli dari plastik jenis ini adalah untuk kantong telur, wadah CD, serta gelas dan piring.

Kemasan plastik berbahan PS
Kemasan plastik berbahan PS

7. Lainnya (Other)

Untuk jenis plastik 7 (Other) ini ada 4 jenis :

1) SAN (Styrene Acrylonitrile),

2) ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene),

3) PC (Polycarbonate), Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan&minuman

4) Nylon

Fungsi asli dari plastik jenis ini adalah untuk botol sambal/saus tomat, botol air galon dan botol jus.

Kemasan plastik berbahan other
Kemasan plastik berbahan other

Jadi waspadalah terhadap bahaya plastik. Perhatikan kode pada kemasan atau di bawah kemasan sebelum menggunakan. Untuk kemasan yang akan digunakan berulang kali pastikan bahwa kodenya segitiga dengan angka 5 (PP) didalamnya.