Mohon tunggu...
Fira Lusiana
Fira Lusiana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Review Buku Manajemen Pelayanan Publik

17 Juli 2018   11:13 Diperbarui: 17 Juli 2018   11:15 643
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah baik dalam pusat maupun daerah. Penyelenggaraan pemerintah dengan pelayanan yang diberikan ada hubungan yang saling berkaitan. 

Undang- Undang No. 25 Th. 2009 tentang pelayanan publik dalam Pasal 1 ayat (1) bahwa "pelayanan publik adalah kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peratura perundang- undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa/pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara publik." Dalam memberikan pelayanan kepada masyarak harus dilakukan secara adil dan setara tanpa ada pilih kasih dari kedudukan jabatan, kekayaan yang dimiliki, maupun dari segi penampilan.

Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dasarnya adalah tergantung bagaimana dilayani, seperti apa pelayanannya, dan bagaimana pelayanan yang diberikan.

Kinerja pelayanan publik merupakan konsekuensi hukum dari pemberian pelayanan yang baik yang dilakukan secara baik pula. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, aparatur memberikan pelayanan publik secara baik dan optimal yang menjadi salah satu indikator penting pegawai terhadap tanggung jawabnya. Setiap aparatur mempunyai target pencapaian terhadap kinerja mereka terhadap bentuk komitmen pegawai dalam meningkatkan kinerjanya. Kinerja pelayanan publik sejatinya memang harus berjalan sesuai dengan sifat dan bentuknya. 

SDM atau sumber daya aparatur merupakan aspek utama dalam mencapai tujuan organisasi yang mengatur dan menjalankan sistem/ manajemen menjadi tumpuan utama terhadap produktivitas yang diharapkan bersama. Seluruh proses manajemen organisasi tentunya dilakukan oleh SDM dalam merencanakan, melaksanakan, maupun mengendalikan organisasi.

Birokrasi adalah sistem pemerintahanyang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena berpegang hierarki dan jenjang jabatan. Reformasi birokrasi dapat diartikan sebagai perubahan terhadap sistem pemerintahan menuju pemerintahan yang baik. Reformasi politik, ekonomi, social, dan budaya terus mengalami perkembangan dan perubahan dan birokrasi juga mengalami perubahan sesuai prinsip kebutuhan masyarakat. 

Good governance dalam pencapaiannya harus didukung oleh pelayanan publik sebagai orientasi dalam penyelenggaraan pelayanan. 

Tujuan good governance yang diharapkan masyarakat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan harus didukung dari semua pihak yang berkepentingan yang bekerja sama dalam tugas dan tanggung jawabnya masing- masing. Dari pimpinan sampai bawahan berkolaborasi membangun bangsa melalui peran masing- masing, dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pelayanan publik juga berperan penting.

Nama : Agustin Fira Lusiana 

NPM   : 21701091076 

Fak.     : FIA Negara 2B

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun