Mohon tunggu...
Fantasi
Fantasi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Usaha Mikro

" When we are born we cry that we are come to this great stage of fools. " - William Shakespeare -

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Sayap-sayap Mantan

25 Februari 2017   10:33 Diperbarui: 6 Maret 2017   18:01 786
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://all-free-download.com/free-photos/download/osprey-adler-bird-of-prey_216500.html

Lalu, majulah seorang muda dari tengah-tengah kerumunan orang banyak dan berseru kepada lelaki yang duduk di atas batu di hadapan mereka," Kau telah bicara tentang Cinta, Pernikahan, Persahabatan, bahkan Kematian. *) Tapi tak sedikit pun kau menyinggung tentang Mantan."

Lelaki itu bangkit dari duduknya,  menengadahkan sedikit kepalanya dan menjulurkan lengannya dengan telapak tangan menghadap ke langit biru di atas. Suaranya dalam, tetapi cukup keras untuk mengetuk  telinga para pendengarnya dan menyelusup ke hati mereka yang galau.

Dia menjawab, "Kau menyebut seseorang sebagai mantan untuk mengangkat dirimu sendiri ke tahta kehormatan.

Manakala seorang menjadi mantan, engkau menempatkannya ke bawah tumpukan ingatanmu. Berharap waktu akan melusuhkannya dan pada saatnya terbuang bersama rongsokan kenangan lain.

Tapi, engkau mendusta diri sendiri.

Seorang mantan pernah menjadi bagian sangat istimewa dari dirimu dan jejaknya tak mungkin terhapus dari lembar hidupmu. Kecuali kau menginginkan amnesia dalam kurun waktu tertentu di sejarahmu, kau akan selalu menemukannya kembali seberapapun upayamu menyingkirkannya.

Dia bersenandung dalam lagu lawas yang mengalun dari radio mobil hari ini. Dia berkelebat di sudut-sudut kota yang pernah kalian kunjungi. Dia menyapamu lewat baris-baris kalimat yang dikutip dari buku yang pernah kalian diskusikan. Dia menggodamu lewat jingle komersial restoran tempat merayakan hari jadian kalian. Dia bahkan menatapmu melalui mata kekasihmu saat ini.

Seorang mantan adalah bagian abadi dalam hidupmu. Meniadakannya sama saja dengan mengingkari keberadaanmu. Dia pernah indah dan sesungguhnya akan selalu indah. Jika dia tak pernah indah, maka kalian sebenarnya tak pernah bersama. Kalian hanya dua anak manusia yang berpapasan di suatu masa.

Hidup adalah serangkaian pilihan. Seseorang pernah menjadi pilihanmu dan seseorang itu pernah menjadi mitra dalam membuat pilihan-pilihan dalam hidupmu. Bersamanya, engkau pernah bersama menjelajah ruang dan waktu. Dia membawamu ke tempat yang mungkin tak pernah kau rencanakan, dia menandai masa yang sebelumnya tak bermakna bagimu. Agenda dan buku harianmu tak akan sama jika bukan dia yang mengisi hari-harimu - entah kau suka atau tidak suka.

Mantan adalah masa lalu yang sedikit banyak menentukan masa kini. Saat-saat kebersamaan dengan mantan telah mengajar, membentuk dan menuntunmu kepada keputusan-keputusan yang lebih bijak dalam hidup.

Sayap-sayap mantan telah membawamu ke keadaanmu saat ini. Jika kau menyukai hidupmu sekarang, bersyukurlah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun