Ekonomi

Pengantar Ekonometrika

13 September 2017   21:32 Diperbarui: 13 September 2017   21:33 288 1 1

Assalamualaikum,,

Hello all,, 

Kalian tau gak sih,  pastinya gak tau dong..  

Heheh namanya juga belum aku kasih tau.. 

Mm,,  mau cerita sedikit nih, kemarin tuh kami baru belajar "ekonometrika" ..

Terdengar seram gak sih??  Atau menakutkan? 

Hehehehe... 

Ekonometrika itu gak se seram yang kalian bayangin kok,, 

Nih yaa eyaa kasi tau,, 

Kalo dari pengertiannya,  ekonometrika itu suatu ilmu yang mengkombinasikan teori ekonomi dan statistika ekonomi dengan tujuan menyelidiki dukungan empiris dari hukum skematik yang di bangun oleh teori ekonomi,,  jika data empiris membenarkan hubungan yang di maksudkan oleh teori ini,  maka teori tersebut dapat di terima. Kalau tidak, maka harus di tolak.

Awalnya ya aku rada" bingung gitu,,  cuma pas udah di jelasin sama dosen pengampu nya (bu khairunnisa) , sedikit banyaknya jadi lebih paham, untuk pengantar ekonometrika ini.

Sebenarnya,  ekonometrika ini juga digunakan sebagai ilmu sosial,  yang menerapkan peralatan teori ekonomi, matematik, dan statistik inferensi untuk menganalisis fenomena ekonomi. 

Wahhh,,  hebat bukan,,  ternyata ekonometrika dapat di gunakan di bidang ilmu sosial juga nih,, 

Kemudian, ekonometrika juga memiliki Metodologi tersendiri,  yaitu

1. Adanya spesifikasi,  menspesialisasikan hubungan atas dasar teori" ekonomi 

2. Rancangan statistik,  untuk mendapatkan sampel

3. Penaksiran,  atau (unbiased,  konsisten, efisien dan sifficient) 

4. Penerapan,  mendapatkan ramalan yg di percaya utk pengambilan kebijakan ekonomi. 

Untuk selanjutnya kalian bisa liat di video dan contoh" gambar yang bakalan aku post,,  okeyy