PILIHAN

Pantai Depok, Alternatif Wisata Mudik Lebaran di Pekalongan

18 Juni 2017 15:31:00 Diperbarui: 18 Juni 2017 15:38:25 Dibaca : 64 Komentar : 0 Nilai : 1 Durasi Baca :
Pantai Depok, Alternatif Wisata Mudik Lebaran di Pekalongan
Gerbang Masuk Pantai dari Jalan Pantura (Dokpri)

Mudik lebaran tentu tidak hanya sekedar pulang kampung dan bersilaturahmi dengan sanak saudara semata. Apalagi waktu cuti bersama semakin panjang sehingga kita punya waktu lebih leluasa untuk melakukan hal lain seperti berlibur ke tempat-tempat wisata. Bagi pemudik jarak jauh juga memerlukan tempat rehat sekaligus berwisata untuk penyegaran sebelum melanjutkan perjalanan.

Nuansa Hijau Persawahan di Jalan Masuk ke Pantai (Dokpri)
Nuansa Hijau Persawahan di Jalan Masuk ke Pantai (Dokpri)
Pantai Depok yang terletak di wilayah Kabupaten Pekalongan dapat menjadi alternatif tempat wisata bagi para pemudik yang pulang kampung ke daerah Pekalongan dan sekitarnya atau juga bagi yang transit di jalur pantura ke arah timur. Dari arah Jakarta letaknya tak jauh dari perbatasan Pemalang - Pekalongan, tepatnya di dekat perempatan arah Kesesi di sebelah kiri jalan dari arah barat. Memang harus ekstra perhatian karena rambu-rambunya tidak terlalu jelas, hanya ada gapura sebagai penanda jalan masuk ke arah pantai. Dari gapura kita masuk ke dalam sejauh sekitar tiga kilometer untuk menuju pantai Depok.
Gerbang Masuk Pantai Depok (Dokpri)
Gerbang Masuk Pantai Depok (Dokpri)
Suasana jalan kecil menuju pantai masih sangat berbau perdesaan jauh dari hingar bingar jalur pantura. Masih tampak sawah dan tambak di sekitar jalan, diselingi beberapa rumah sebagai pertanda adanya perkampungan. Lalu lintasnya juga relatif masih sepi sehingga sangat nyaman berkendara di jalan ini. Pemandangan hijau dipadu dengan air payau memulihkan kepenatan mata setelah berjam-jam berkendara melalui jalur pantura yang padat saat mudik.
Kondisi Pantai Depok (Dokpri)
Kondisi Pantai Depok (Dokpri)
Tarif masuknya relatif murah, hanya 5000 Rupiah per orang dan 5000 Rupiah juga untuk parkir kendaraan roda empat. Di dalamnya memang belum banyak tersedia permainan, tapi kita bisa bermain pasir di tepian pantai atau berenang. Di sini juga ada kapal nelayan yang bisa kita sewa untuk sekedar berlayar di laut Jawa. Selain itu juga terdapat warung-warung di tepi pantai yang menyediakan aneka makanan dan minuman bagi para pelancong yang lapar dan haus.

Warung di Tepian Pantai (Dokpri)
Warung di Tepian Pantai (Dokpri)
Suasana pantainya sendiri masih tampak rindang dan semilir angin mendinginkan teriknya panas mentari. Cocok bagi pengendara jarak jauh yang ingin beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan mudik.

Kita bisa tidur-tiduran sejenak melepas lelah, dan penumpang lain bisa menikmati indahnya pantai sambil ngopi di warung, atau ikut berenang di tepian. Dan tempat ini tidak terlalu ramai karena belum banyak orang mengetahui indahnya pantai Depok ini.

Arena Bermain Anak (Dokpri)
Arena Bermain Anak (Dokpri)

Dizzman

/dizzman

TERVERIFIKASI

Pengembara yang mengabdi pada negara. Sambil tour of duty tetap menyempatkan diri bertualang. Dari Sabang sampai Merauke, 34 Provinsi sudah terjelajahi. 10 Negara ASEAN pun sudah diarungi. Next trip ......
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana