Mohon tunggu...
Diana Bara_Cic
Diana Bara_Cic Mohon Tunggu... -

ORAETLABORA

Selanjutnya

Tutup

Money

Barang dan Jasa

19 Oktober 2012   07:24 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:39 54497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BARANGversusJASA

A.PERBEDAANANTARA BARANG DAN JASA

1. Barang

Barang merupakan hasil atau keluaran (output)berwujut fisik (tangible)dari proses transformasi sumberdaya,sehingga bisa dilihat,diraba,disentuh,dirasa,dipegang,disimpan,dipindahkan,dan mendapatperlakuan fisik lainnya.Ditinjau dari aspek daya tahannya ,terdapat dua macam barang yaitu:

a)Barang tidak tahan lama (nondurable goods)

Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaiannya.contoh:sabun,minuman dan makanan ringan,kapur tulis,gula dan garam

b)Barang tahan lama (durable goods)

Barang tahan lama merupakan barang brewujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun atau lebih) contoh:TV,lemari es,mobil,komputer,dll.

2. Jasa (service)

Jasa merupakan aktivitas,manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.contoh bengkel reparasi,kursus,lembaga pendidikan,jasa telekomunikasi,transportasi dan lain-lain.Sebenarnya perbedaan secara ketat antara barang dan jasa sukar dilakukan,karena pembelian barang tertentu kerapkali disertai dengan jasa-jasa khusus (misalnya instalasi atau garansi untuk reparasi)dan pembelian suatu jasa seringkali pula meliputi barang-barang yang melengkapinya(makanan di restoran).

Kontinum intangibilitydan tangibility

Ø

Unsurintangible

Unsur tangible

Babysitting

ØPendidikan

ØJasa hukum

ØPenerbangan

ØMakanan siap santap

ØKosmetik

ØMinuman ringan

ØPakian

ØGula

Jasa memiliki empat karakteristik utama yang membedakan dari barang yaitu:

1.Intangibility

Jasa berbeda dengan barang.Bila barang dapat dimiliki,maka jasa hanya bisa dikonsumsi tetapi tidak dimiliki.misalnya telepon dalam jasa telekomunikasi,pesawat dalam jasa angkutan udara,makanan dalam jasa restoran.jasa bersifat intangible,maksutnya tidak dapat dilihat,dirasa,dicium,didengar,atau dirabasebelum dibeli dan dikonsumsi.

2.Inseparavility

Barang biasanya diproduksi,kemudian dijual,lalu dikonsumsi.sedangkan jasa di lain pihak,umumnya dijual terlebih dahulu,baru kemudian diproduksi dan di konsumsi secara bersamaan.interaksi antara penyedia jasa dan pelanggan merupakan ciri khusus dalam pemasaran jasa.ada dua tipe operasi jasa yaitu produktion-centered service operations dan customer-centered service operations.

3.Variability

Jasa bersifat sanget variabel karena merupakan non-standardized output,artinya banyak variasi bentuk,kualitas dan jenis,tergantung pada siapa,kapan,dan di mana jasa tersebut di hasilkan.Tiga tahap dalam pengendalian

a.Melakukan investasi dalam seleksi dan pelatihan personil yang baik

b.Melakukan standardisasi proses pelaksanaan jasa

c.Memantau kepuasan pelanggan melalui sistem saran dan keluhan

4.perishability

Jasa merupakan komoditas tidak tahan lama dan tidak dapat di simpan.hal ini tidak jadi masalah bila permintaan tetap karena mudah untuk menyiapkan pelayan untuk permintaan tersebut sebelumnya.

Proses Jasa

Proses didefinisikan sebagai serangkaian aktivitas yang di lakukan secara berulang-ulang dan barsamaan untuk mentransformasikan input yang disediakan pemasokmenjadi output yang diterima oleh pelanggan

Faktornya meliputi:

a.Sumberdaya manusia(manpower)

b.Mesin(machine)

c.Bahan baku(material)

d.Metode(method)

e.Ukuran(measurement)

f.Lingkungan(environment)

Variasi Jasa

Diartikan sebagai perbedaan antara tindakan atau aktivitas tertentu dengan hasil yang di targetkan.ada dua tipe variasi yaitu:common cause dan special cause.variasi

ini diakibatkan oleh interaksi berbagai aspek proses yang mempengaruhi setiap kejadian dan/ atau aspek –aspek yang di kendalikan manajemendan merupakan bagian dari sistem

Biaya kualitas jasa

Biaya kualitas merupakan biaya yang terjadi atau mungkin akan terjadi atau mungkin akan terjadi karena kualitas yang buruk.Biaya kualitas dapat dikelompokkan menjadi:

a.The price of conformance(voluntari cost)

Biaya pencegahaan

Biaya deteksi/penilaian

b.The price of nonconformance

Biaya kegagalan internal

Biaya kegagalan eksternal

Contoh item-item biaya kualitas jasa/layanan yang bersifat departmental basis:

a.Akutansi

b.Administratif

c.Klerikal

d.Pemrosesan data

e.Finansial/keuangan

f.Pemasaran

g.Personalia

h.Manajemen proyek

i.Jaminan kualitas

j.Keamanan

Sumber:

Fandy,tjiptono.(1997)Total Quality service.Yogyakarta:penerbit Andi.

MMVDZ Z ZVDk

CVZDV

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun