PILIHAN

Si Cantik Berdarah Dingin (Lyudmila Pavlichenko)

21 Oktober 2011 16:51:31 Diperbarui: 26 Juni 2015 00:40:05 Dibaca : Komentar : Nilai :
Si Cantik Berdarah Dingin (Lyudmila Pavlichenko)

googling

Dilahirkan di Belaya Tserkov wilayah Ukraina tanggal 12 Juli 1916, tidak ada yang menyangka jika mahasiswa jurusan Sejarah Universitas Kiev ini ikut terjun dalam perang Dunia II saat Jerman menyerang wilayah Russia, dan menjadi salah satu Sniper Legendaris dunia.

Pavlichenkomendaftar sebagai tentara beruang merah di divisi Infanteri, gadis tomboy ini awalnya bermaksud melamar sebagai perawat para tentara yang terluka, namun di tolak. Selanjutkanya dia dipindahkan ke divisi 25 sniper tentara merah bergabung dengan 2000 tentara sniper wanita pertama di Uni Soviet.

Prestasinya dalam Sniper menempatkan dirinya bersaing dengan jajaran 10 sniper terbaik dunia yang di dominasi oleh kaum adam, bahkan dia mengalahkan jumlah sniper legendaris Rusia Vasily Zaytsev, Pavlichenko telah membunuh 309 prajurit Jerman, termasuk 36 Sniper tentara jerman.

Sementara Vasily Zaytsev menurut pengakuan pribadinya, hanya membunuh 148 tentara Nazi, (kisah Vasily Zaytsev pernah di angkat kelayar lebar pada tahun 2001 dengan judul Enemy at the Gates, dimana duel akhir di film tersebut merupakan fiksi)

KetikaRusiaLyudmilaPavlichenkosniperdiwawancarai olehmajalah Timepada tahun 1942,iamencemoohkanmedia Amerika.

"Satuwartawanbahkan mengkritikpanjangrokseragamsaya, mengatakan bahwapada wanitaAmerikamemakai rokpendek danseragamselainmembuat sayaterlihat gemuk," katanya. Panjangrokmungkin tidakmasalah bagipembunuh 309tentara Nazi ini, banyak orang Rusia lebih terinspirasi dengankeberaniandanketerampilanPavlichenko daripada busananya. "Saya tahutugas sayaadalahuntuk menembakmanusia,"kenangnyadalam Surat Kabar Rusia."Secara teorimunkin semua terlihat mudah, tetapi sayatahu bahwahal yang nyataakan benar-benarberbeda."Katanya.. MeskipunPavlichenkobisa melihatmusuhdari tempat iaberjongkokdi siang haripertamadi medan perang,dia tidakdapat menembak karena gugup. Tapi itusemua berubahketikaJermanmenembakseorang tentaraRusia mudayang berada di dekatPavlichenko."Dia begitumenyenangkan,anakyang sangat baik," katanya."Dandia dibunuhpersis di sampingsaya.Setelah itu,tidak ada yang dapat menghentikan aku menghabisi mereka.."

Setelah perang Dunia II, Pavlichenko menyelesaikan kuliahnya yang tertunda, selanjutnya dia memulai karir sebagai seorang sejarawan, Pavlichenko meninggal pada tanggal 10 Oktober 1974 pada usia 58 tahun.

Untuk mengenangnya, sebuah seri perangko ke dua di keluarkan pada tahun 1976, jasa – jasanya tidak hanya di akui di Uni Soviet saja, namun juga di akui oleh Amerika Serikat lewat sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Woody Guthrie.

Sumber :

1.http://en.wikipedia.org/wiki/Lyudmila_Pavlichenko

2.http://soviet-awards.com/digest/pavlichenko/pavlichenko1.htm

Empuss Miaww

/dh4nie

TERVERIFIKASI

Biarkan sang Rembulan bercerita,,, ( http://empuss-miaww.blogspot.com/ )
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL sosok berita
Featured Article