Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Es Kecombrang, Minuman Dingin Anti Mainstream

2 Mei 2024   14:03 Diperbarui: 2 Mei 2024   14:08 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Es kecombrang (dok.denik)

Sudah beberapa hari udara terasa panas. Tidak hanya siang hari. Malam hari pun demikian. Kipas angin atau AC sekalipun tak bisa menghalau rasa panas tersebut. 

Tetap terasa panas meski sudah menaikkan suhu AC-nya. Begitu juga dengan kipas angin. Justru angin yang keluar dari kipas hawanya terasa panas. Inilah yang sedang terjadi di bumi saat ini. Cuacanya sedang tidak baik-baik saja.

Nah, cuaca panas paling enak minum yang segar-segar. Minuman dingin pastinya. Selama ini saya sih sudah merasa segar hanya dengan meminum air putih dingin. Rasanya sampai ketenggorokan.

Tapi kalau sedang di luar alias sedang jalan-jalan dan singgah di rumah makan, saya memilih minuman yang tak biasa. Anti mainstream istilahnya. Masih tetap minuman dingin yang dipilih.

Nah, akhir pekan kemarin. Saya singgah di rumah makan yang nuansanya desa sekali. Saya memang sengaja mencari tempat makan yang nuansanya asri. Mulai dari menu sampai tempat makannya harus alami.

Salah satu sudut di rumah makan (dok. Denik)
Salah satu sudut di rumah makan (dok. Denik)
Ketemulah tempat makan yang dimaksud. Tembok ruangan masih berupa bata merah. Dihiasi dengan gambar pewayangan. Bangku-bangkunya dari kayu jati. Begitu melihat menunya? Ada tutug oncom, sayur asem, bubur ketan hitam dan masih banyak lagi.

Saya memilih minuman terlebih dulu, dan mata ini langsung tertuju pada jenis es yang jarang saya temui. Namanya es kecombrang. Umumnyakan es jeruk, es teh, teh sereh, teh jahe dan sejenisnya. Lha, ini kecombrang. Penasaran dong?

Saya sih tahu apa itu kecombrang. Kerap makan kecombrang juga. Enak dan wanginya khas. Oleh karenanya saya pilih minuman es kecombrang tersebut.

Kecombrang sendiri merupakan sejenis rempah yang biasa digunakan untuk campuran sambal dan masakan lain. Karena baunya yang khas. Sedap kata orang. Saya suka masakan yang menggunakan kecombrang.

Ketika dibuat minuman jelas penasaran. Ternyata enak. Bau khasnya terasa. Tentu ada campuran lainnya berupa jeruk dan pemanis. Tapi bau khas kecombrangnya tidak hilang. 

Wah, tidak sia-sia memesan minuman yang anti mainstream. Segarnya terasa sampai ke hati. Kapan-kapan buat sendiri ah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun