pilihan

Dampak dan Manfaat Seni Bagi Psikologis Manusia

13 Agustus 2017   03:06 Diperbarui: 13 Agustus 2017   03:33 229 1 0
Dampak dan Manfaat Seni Bagi Psikologis Manusia
dokumentasi pribadi


Seni dengan segala bentuk, jenis, dan alirannya tentu akan memberikan dampak tersendiri bagi setiap pecinta seni. Bagi yang hobi memahat, membuat patung pahatan dan menciptakan ukiran-ukiran yang indah tentu akan menberikan nilai keindahan dan kepuasan tersendiri.

Namun mampukah seni memberikan dampak yang signifikan dalam hal psikologis manusia? Bagi saya iya. Salah satu seni yang paling memberikan dampak psikologis yang baik bagi saya dan adik saya  yaitu seni lukis. Dengan melukis kita akan melakukan dua hal yang saling berkaitan sekaligus yaitu menggambar dan mewarnai, yang mana kedua kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengasah kreatifitas kita.

Dampak psikologis yang menurut saya dapat dirasakan yaitu adanya suatu metode untuk mengembalikan suasana hati yang tadinya buruk menjadi lebih baik lagi setelah melihat seni, misalkan dalam pameran seni, dan juga akan lebih baik lagi rasanya apabila kita ikut berkecimpung langsung dalam menciptakan seni itu sendiri. Hal ini dikarenakan apabila kita secara langsung berkreasi dengan seni maka sistem tubuh akan berkerja dengan baik yang membuat saraf otak menjadi semakin relaks dan juga semakin terlatih kreatifitas dan daya imajinasinya, sehingga secara tidak langsung akan memberikan dampak pada kesenangan hati, kepuasan diri, ataupun pengembalian suasana hati menjadi lebih baik daripada semula, akibat dari manfaat yang dirasakan oleh seni itu sendiri.

Hal seperti itu sudah saya rasakan, dimana tatkala suasana hati yang buruk maka dengan menggambar saja, bisa menggembalikan suasana hati menjadi lebih baik lagi. Disamping itu adanya waktu luang yang terkadang kita bingung ingin mengerjakan apa, maka melukis menjadi salah satu andalan saya dan adik saya untuk mengisis waktu yang kosong, sehingga lebih bermanfaat.

Contohnya, waktu dulu libur sekolah kegiatan kita (aku dan saudaraku) rata-rata itu-itu saja di rumah, kemudian karena bosannya kita menggambil pensil warna, buku gambar, penghapus,dan segala peralatan untuk menggambar. Corat-coret buku gambar hingga jadilah sebuah gambar yang tentunya ada maknanya ya, seperti gambar bunga-bunga, hewan, ataupun gambar suasana di persawahan, dan intinya kita bisa mencurahkan segala imajinasi yang ada. Jika imajinasi itu hilang atau sedang tak ada imajinasi apapun, gampang kita biasanya ngambil sampel cover buku atau prodak yang kita jadikan objek untuk digambar.

Dengan menggambar, menorehkan warna-warna disetiap gambar sehingga semakin memaknai apa yang kita gambar agar maksud gambar sampai ke orang lain, itu sangat dan sangat menyenangkan sekaligus menghilangkan kejenuhan kita. Beberapa hasil gambar yang kita buat, bisa kalian lihat di bawah ini.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi


dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Sederhana memang, tetapi sangat bermanfaat. Berkreasi dengan segala imajinansi yang muncul dalam pikiran kemudian kita tuangkan melalui goresan gambar-gambar, meski terkadang terkesan abstak dalam hal makna, namum bukankah setiap orang bisa merasakan seni dari segi yang berbeda.

Disamping itu hadirnya seni lukis melalui media tembok atau dinding tentunya akan memberikan kesan keindahan yang berbeda dari media lainnya seperti canvas ataupun kertas tadi. Melukis menggunakan media tembok juga memberikan manfaat yang berbeda.

Seperti kunjungan saya dan saudara saya waktu ini, di salah satu tempat di Bali terdapat sebuah gedung lama bekas taman festival yang kini bangunan-bangunannya diberikan berbagai lukisan-lukisan yang unik dan tentunya menarik terutama bagi pecinta seni. Kini tempat yang dahulunya bekas taman festival tersebut, yang terlihat kurang terawat menjadi unik dan seni karena lukisan-lukisannya sehingga  dapat menggait banyak pengunjung yang senang melakukan sesi photoshoot di tempat yang memiliki keunikan seperti ini. Beberapa gambar yang kita ambil sewaktu berkunjung ke taman festival tersebut, bisa dilihat di bawah ini.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Melihat hal di atas, tentunya dapat kita ketahui bahwa melalui seni kita bisa mengapresiasikan segala hal yang terlintas dalam pikiran baik dari uneg-uneg yang muncul atau adanyana imajinasi menjadi sebuah karya dalam seni salah satunya seperti seni dalam melukis. Tak dipungkiri bahwa dengan cara seperti ini kita bisa  mengapresiasikannya dengan cara yang lebih bermanfaat dan tentunya bernilai guna.

Disamping manfaat yang dirasakan bagi diri sendiri seperti adanya kepuasan batin, kesenangan yang didapat, peningkataan kreatifitas, seperti yang dipaparkan tadi brekreasi dalam seni juga dapat berdampak pada masyarakat, salah satu contohnya yaitu pada lukisan dinding pada bekas bangunan taman festival yang kini menjadi objek tujuan wisatawan di daerah Bali.

Jadi kreasikanlah diri sekreatif mungkin dengan daya imajinasi yang dimiliki sehingga bermanfaat untuk diri sendiri dan alangkah baiknya juga apabila orang lain dapat merasakan manfaat yang sama.