Pandangan Masyarakat Terhadap Keamanan dan Keselamatan Penerbangan

01 Juni 2012 14:58:13 Dibaca :

Nama Kelompok: 


AgusPujianto                        224109340



AkmalKhaidir                        224109274

ShintaBunga Lestari           224109157

EkoHadiSusanto                 224109303


A. Latar Belakang


Keselamatan dan keamanan merupakan beberapa faktor yang  penting dalam dunia jasa trasportasi khususnya transportasi udara, hal ini merupakan sesuatu yang sudah tidak bisa ditawar lagi, olehkarena itu, dengan mengetahui pandangan masyarakat dalam menilai tingkat keamanan dan keselamatannya merupakan hal yang baik untuk dunia penerbangan dalam membuat langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam penerbangan.Jika kecelakaan dalam penerbangan sering terjadi, itu dapat mempengaruhi pandangan/persepsi masyarakat dalam memilih moda trasportasi, khususnya udara. Dalam dunia penerbangan khususnya, terjadinya suatu kecelakaan penerbangan, dapat merubah pandangan masyarakat terhadap tingkat keselamatan penerbangan.


Dengan mengambil tema tersebut, penulis berharap dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pembacanya mengenai pandangan masyarakat setelah menyaksikan atau mengikuti perkembangan berita yang terkait  kecelakaan penerbangan khususnya di Indonesia serta bagaimana tingkat keamanan dan keselamatannya.


Berikut adalah Link survei online yang kami gunakan :


https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dDdCRHFJZmNnTFVGeThXWFNKZXlxcVE6MQ



Kesimpulan


Dari hasil survey yang kami dapat, telah didapat bahwa masyarakat(responden) mempunyai pandangan bahwa kecelakaan penerbangan terjadi lebih disebabkan karena faktor cuaca buruk, sisanya ada yang beranggapan karena faktor Human error hingga takdir Yang Maha Esa. Kecendrungan masyarakat dalam memilih suatu perusahaan airlines, disamping harganya yang murah, keamanan dan kenyamanan pun menjadi salahsatu faktor penentu masyarakat dalam memilih suatu airlines. keamanan mungkin bisa dilihat dari sisi prosedur keamanannya, pesawat yang digunakannya(pesawat tua atau tidak),dll. Sedangkan Kenyamanan bias dinilai dari fasilitas yang tersedia hingga kepuasan para penumpang didalam/selama penerbangannya.


Dan didalam penanganan gantirugi terhadap para korban kecelakaan pesawat, masyarakat(responden) berpendapat bahwa pihak perusahaan airline yang bertanggung jawab dalam hal ini, belum memberikan kemudahan dalam prosedur penanganan ganti rugi terhadap para penumpang yang menjadi korban.




Saran


Persaingan antara perusahaan airlines satu dengan yang lainnya didalam dunia penerbangan kini semakin ketat, apalagi banyak perusahaan airlines yang menawarkan tiket dengan harga yang murah, namun disamping itu, keamanan dan keselamatan dalam penerbangan tidak boleh di abaikan. Sekali saja auatu perusahaan airlines mengalami trouble/kecelakaan, maka itu akan mempengaruhi faktor dari masyarakat untuk memilih suatu airlines tersebut.


Sumber Daya Manusia haruslah yang baik, artinya mempunyai skill yang sudah berstandar internasional,mempunyai etika yang baik, serta sikap professionalisme yang tinggi didalam melaksanakan tugasnya. Dan teknologi yang digunakan dalam pengoperasian suatu penerbangan tidak ketinggalan jaman. Moda transportasi udara adalah moda transportasi yang paling beresiko, olehkarena itu system keamanan dan keselamatan penerbangannya terus perlu dilakukan pengembangan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan.




Coretan Siswa Udara STMT Trisakti

/coretansiswaudara

This site contains the ideas of the Air Transport Management Students of STMT Trisakti.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?