HIGHLIGHT

Perlukah Memberikan Password Facebook Kepada Pasangan?

22 April 2012 17:09:27 Dibaca :
Perlukah Memberikan Password Facebook Kepada Pasangan?
www.berita.manadotoday.com

Di zaman serba internet sekarang ini, pasti setiap orang mempunyai email walaupun Cuma satu. Konon lagi dengan facebook. Didalam facebook itu, sudah pasti kita berinteraksi dengan banyak orang, baik teman nyata dalam kehidupan kita, maupun teman di dunia maya. Interaksi yang kita lakukan pasti bermacam-macam bentuknya, kan? Selain kehidupan nyata, pastinya kita juga berteman atau bahkan berteman dekat dengan para facebooker lain.

Lalu, Bagaimana dengan hubungan para facebooker dengan pasangan anda di dunia nyata? Berjalan muluskah? Atau malah pasangan anda meminta password facebook anda? Dan lantas langsung anda berikan? Terus terang, permasalahan ini menggelitik saya untuk menuliskannya.

Saya mempunyai seorang adik angkat, sebutlah namanya Yani. Saat itu saya menegur yani di chat facebook, namun tidak dibalas. Keesokan harinya, Yani baru membalas chat saya dan mengatakan, “kak, maaf ya semalam pacarku yang pake facebookku. Dia main game disitu sekalian ngecek teman-taman facebookku. Ada beberapa temanku yang dihapusnya. Alasannya sih sepele kali kak, dia gak percaya sama teman-teman facebookku”. Sontak saya terkejut, dan kembali mengingat pengalaman saya sendiri.

Saat itu pacar saya meminta password facebook saya juga, namun tidak saya berikan. Ia pun marah dan mengatakan, “kalau di facebookmu itu ‘nggak ada apa-apanya, pasti kau langsung kasih passwordnya sama aku”. Aku curiga, pasti ada selingkuhanmu di facebook itu, kan? Atau kau lagi dekat sama cowok lain?

Berbagai alasan saya berikan namun bentakan darinya terus saya dengar akibat saya bersikukuh dengan password facebook saya. Namun lagi-lagi ia pun marah dan mendiami saya, lalu saya pun akhirnya memberikan password facebook tersebut. Ia berkata “udah, ‘gak perlu lagi, kan aku mintanya tadi? Saya berkata, banyak kali ceritamu, tadi minta dan marah-marah, pas udah ku kasih kekgitu kau ya? Banyak cingcongmu, bentar lagi pasti kau buka juga-nya facebookku. Toh udah samamu itu password”.

“ah,, ‘gak perlu aku, malas udah”, katanya. Namun ketika saya buka facebook saya, ternyata isi facebook saya banyak yang berubah, termasuk list friend ada yang dihapus. Bererti sempat dibuka juga kan? Ya sudahlah... Sejak saat itulah saya tak pernah memberikan password facebook saya kepada siapapun lagi,termasuk pacar saya selanjutnya atau yang sekarang. Banyak teman-teman yang saya survey juga mengatakan bahwa mereka tidak suka hal-hal yang mengandung privasi itu dibagi-bagikan ke siapapun, temasuk ke pacar. Toh si pacar belum tentu jadi suami atau istri kita, kan? ‘gak perlu lah..

Beberapa minggu yang lalu dosen saya pernah berkata bahwa beliau dan suaminya tidak pernah saling add di facebook, apalagi berbagi password. Menurut beliau itu tidak perlu. Alhamdulillah pernikahan beliau dan suaminya tetap harmonis.

Apa sih tujuan kita mengetahui password facebook pasangan? Untuk ngecek aktifitasnya di dunia maya karena anda takut bahwa pasangan anda berselingkuh dengan teman mayanya? Saya bisa mengatakan kegiatan cek mericek ini adalah suatu kegiatan yang sia-sia alias ‘gak guna. Lho.. kok ‘gak guna pula? Penting kali lah itu, biar kita tahu gerak-gerik dia. Silahkan disimak alasan berikut :

1. Dapat menimbulkan kesalahpahaman dan keraguan

Nah,,, sedikit ada yang komen foto, atau jawab status facebbok kita, si pacar ini langsung ngambek, terus marah. Akibat salahpaham sama komen dari orang-orang. Kemudian si pacar itu bakal mencurigai kita terus. ‘gak enak banget rasanya menjalani suatu hubungan dengan seseorang yang meragukan kita.

2. Dapat menimbulkan perkelahian

Waduh,, kok berkelahi? Tenang.. Berkelahi disini bukan kontak fisik alias pemukulan (walaupun teman saya ada juga yang mengalaminya, hiks..). Berkelahi ini maksudnya perang mulut. Kayak saya tadi dibentak-bentak. Gila... belum kadi suami aja udah temperamen gitu.

3. Ruang privasi kita serta merta tidak ada

Bukan bermaksud untuk tidak mempercayai pacar atau pasangan memegang facebook kita, namun kita berhak memiliki ruang privasi. Apalagi bila sedang ada masalah dengan pasangan, kita bisa menghilangkan penat dengan bermain facebbok ini sekalian cahtting dengan beberapa teman.

Facebook ini kalau ditelusuri lebih jauh, jahat juga ya! Hubungan percintaan anda yang tadinya adem ayam saja bisa tiba-tiba berubah gara-gara facebook ini lho! Asal ada yang ‘gak disukai pasangan, pasti langsung dia hapus, setelah itu pasti langsung marah-marah. Terus berantem..

Namun, marilah kita berfikir secara realita. Masa’ hubungan cintamu mau dikalahkan sama facebook sih??? Pakai logika dong...

Dalam suatu hubungan percintaan diperlukan rasa saling percaya. Biarkan saja pasangan anda dengan facebooknya, dan biarkan pula ia berekspresi disitu. Toh anda juga bisa kan?

Bila ia tak memberikan password facebooknya, anda jangan marah. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hal-hal yang bersifat privasi yang tidak bisa kita bagikan ke pacar atau pasangan. Tidak menutup kemungkinan, anda dan pasangan dapat saling menceritakan hal-hal lucu selama bermain dengan facebook.

Selamat Pagi

Auda Zaschkya

1335111916951214704

Auda Zaschkya

/audazaschkya25071988

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Realita adalah Inspirasiku Menulis
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?