HIGHLIGHT

Hari Pertama Masuk Sekolah

13 Juli 2010 06:14:00 Dibaca :

Senin kemarin, adalah hari permata masuk sekolah. Ada hal menarik dari kegiatan hari pertama masuk sekolah. Melalui berita di salah satu stasiun TV tadi pagi, diberitakan adanya anak-anak yang berangkat sekolah pada pukul 03.00 pagi. Mereka adalah anak-anak kelas 1 di suatu SD kabupaten Brebes, yang baru pertama kali masuk sekolah. Karena mereka berangkat terlalu pagi, tentu saja pintu gerbang sekolah belum dibuka. Beberapa anak duduk terkantuk-kantuk, menunggu pintu gerbang dibuka.

Saat ditanya mengapa mereka berangkat sekolah demikian pagi? Anak-anak itu dengan pengakuan polosnya menjawab: ”Biar dapat tempat duduk di depan. Kalau duduk di depan dapat menerima pelajaran dengan jelas.”

Ufh! Jawaban polos anak-anak itu menerbitkan aura semangat. Jelas efeknya lebih positif daripada menyaksikan tayangan aneka gosip yang lagi ramai dengan pengakuan Cut Tari dengan tangis kepura-puraannya.

Anak-anak SD kelas 1 itu berebut berangkat demikian pagi, karena ingin mendapat tempat duduk di depan. Sungguh, sesuatu hal yang menarik.

Kita??

Orang dewasa?! Acapkali kalah dengan anak-anak itu. Pada kegiatan perkuliahan, para mahasiswa lebih senang duduk di belakang, meski datangnya lebih awal. Pada kegiatan seminar, kursi belakang lebih cepat terisi daripada kursi depan. Pada pertemuan-pertemuan penting, kursi di baris belakang menjadi tempat favorit dibandingkan dengan kursi di deretan depan.

Kita agaknya perlu belajar pada anak-anak itu. Untuk bisa lebih percaya diri dan siap tampil di depan, melakukan hal-hal yang baik.

Eko Israhayu

/3eko-israhayu.

Eko Sri Israhayu, tinggal di Purwokerto. Suka mendengarkan musik. Melalui kompasiana ingin menimba ilmu, dan saling berbagi. Terutama berkait dengan bidang kepenulisan dan masalah kependidikan.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?