Mohon tunggu...
Zulfikar
Zulfikar Mohon Tunggu... Desainer - Orang Biasa

Laki-laki butuh hobi

Selanjutnya

Tutup

Politik

Demonstrasi, Banjarmasin, dan Para Intelejensia

28 November 2021   03:22 Diperbarui: 28 November 2021   03:43 100 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi demonstrasi mahasiswa

Beberapa waktu yang lalu, bertepatan datangnya Jokowi ke Banjarmasin, ada demo yang dilakukan oleh kawan-kawan mahasiswa di depan kantor DPRD Kalsel. Mereka ingin bertemu dengan Ketua DPRD Kalsel untuk menyampaikan aspirasinya. Sayangnya niat mereka kandas, karena saat itu kantor DPRD sedang sepi.

Kelompok demonstrasi yang mengaku perwakilan BEM se-Kalsel (padahal dominasi perguruan tinggi dari Banjarmasin) ini pun akhirnya hanya melakukan orasi dan aksi di tengah trotar jalan.

Tak hanya di Banjarmasin, hari itu di beberapa kota lainnya, mahasiswa serentak melakukan demonstrasi demi memperingati 7 tahun rezim Jokowi. Aksi terbesar di Jakarta Pusat.

Kembali ke Banjarmasin. Beberapa bulan terakhir, seringkali terjadi demo mahasiswa di Banjarmasin.

Saya senang dengan beberapa aksi mahasiswa, ini menunjukkan kepedulian para intelejensia terhadap isu-isu yang tengah berkembang di masa sekarang. Namun ada yang mengganjal. Apakah ini murni soal memperjuangkan kepentingan rakyat? Atau ada hal politis di baliknya? Hanya Tuhan dan korlap demonstrasi yang tahu soal itu.

Ramai sekali isu nasional dibawa ke daerah yang kemudian mengakibatkan gelombang demonstrasi cukup besar.

Sebagai calon penerus generasi, tidak ada salahnya untuk peduli terhadap beberapa isu nasional. Namun, alangkah baiknya jika aksi tersebut benar-benar murni dari hati nurani mereka sendiri, tanpa ada dompleng dari pihak manapun. Terlebih dari partai politik, yang kerap kali menyisipkan beberapa agenda mereka melalui organisasi ekstra kampus.

"Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan kelihatan"

Peribahasa di atas cukuplah untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi hari-hari belakangan ini.

Ketika para intelejensia turun ke jalan menanggapi soal bobroknya pemerintahan Jokowi, mereka lupa bahwa kota tempat mereka tinggal juga memiliki pemimpin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan