Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Memaksimalkan Sosial Media untuk Mendatangkan Traffic Website

23 Februari 2021   11:59 Diperbarui: 23 Februari 2021   12:34 165 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memaksimalkan Sosial Media untuk Mendatangkan Traffic Website
Increase traffic melalui sosial media. Source

Sosial media saat ini menjadi platform penting yang digunakan oleh setiap perusahaan dalam melakukan promosi. Sebagai platform promosi yang efektif, sosial media kerap juga digunakan sebagai alat komunikasi dengan konsumen yang tidak dapat dijangkau. Sebagai penyambung lidah dengan perusahaan, sosial media dikemas secara apik agar menarik serta mengundang konsumen yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan tetap.

Lalu apakah sosial media hanya berfungsi sebagai alat promosi saja? Tentu tidak. Banyak manfaat lain dari sosial media yang dapat dimanfaatkan, salah satunya ialah berguna untuk mendatangkan traffic ke situs atau blog pribadi. Mengingat besarnya pengguna sosial media yang aktif menjadikan sosial media sebagai perantara terbaik untuk menyambungkan pelanggan ke situs-situs yang sekiranya menarik atau sesuai akan kebutuhan mereka. 

Banyak cara mendatangkan traffic ke situs

Pada umumnya pemilik situs memiliki banyak sumber untuk mendatangkan traffic. Dari model organik sampai berbayar (paid) kerap digunakan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke berbagai situs. Beragam cara tersebut dilakukan guna mendatangkan banyak traffic ke situs dan mampu mencapai target di halaman pertama pada suatu kata kunci (keyword). 

Mendatangkan pengunjung secara organik membutuhkan waktu dan juga usaha yang tidak mudah. Selain menampilkan konten-konten yang berkualitas, rajin membagikan konten pun menjadi salah satu usaha yang wajib dilakukan agar semakin banyak pengunjung yang datang ke situs dari banyak sumber.

Memanfaatkan FanPage di facebook

Laman FanPage di facebook merupakan laman yang ditujukan untuk pembuatan akun-akun seperti perusahaan, artis atau produk yang sekiranya menjadi sebuah ikon. Pembuatan FanPage ini di dasari dari banyaknya ikon-ikon yang sebelumnya dibuat pada akun facebook pribadi. Saat ini facebook telah melarang ikon-ikon tersebut membuat akun layaknya akun pribadi di facebook, tapi lebih dianjurkan untuk membuat FanPage. Akun FanPage ini terintegrasi dengan akun instagram bisnis yang bisa secara otomatis disambungkan.

Bagikan konten yang tersedia di situs melalui akun FanPage facebook. Setiap konten yang baru saja dipublish dalam situs, bagikan melalui akun FanPage facebook. Semakin banyak konten yang tersedia dalam FanPage tersebut membuat semakin banyak pengguna facebook yang melihat konten tersebut dan kesempatan mendatangkan traffic dari sosial media pun semakin tinggi. 

Rajin mengupdate konten dalam FanPage

Untuk mendapat pengunjung setia, pastikan FanPage selalu rajin diperbarui (update). Pemilihan konten yang tepat akan membuat mereka yang telah menyukai FanPage tersebut akan rajin untuk mengunjungi situs tersebut. 

FanPage memilki fitur penjadwalan konten yang dapat dimanfaatkan agar konten otomatis dapat diperbarui. Fitur ini dapat digunakan untuk membagikan kembali konten yang sekiranya merupakan konten lama yang ingin dinaikkan kembali, atau konten yang telah disiapkan sesuai dengan momen-momen tertentu. Dengan fitur ini, konten akan tampil sesuai waktu yang telah ditentukan.

Manfaatkan grup facebook

Selain membagikan di FanPage, dapat juga membagikan konten di grup-grup facebook yang sesuai dengan tema yang dibuat. Semakin aktif grup tersebut, semakin tinggi juga kesempatan konten dalam situs akan dikunjungi. Pastikan relevansi antara grup dengan konten yang dibagikan sesuai agar mendapat pengunjung yang benar-benar dapat terbantu dengan konten yang dibagikan tersebut.

Gunakan iklan berbayar

Beriklan di sosial media khususnya Facebook kini semakin banyak dilakukan. Keuntungannya beriklan dalamFacebook yaitu tersedianya Call-To-Action (CTA) yang dapat dilakukan kepada mereka yang melihat iklan tersebut. Beragam CTA dapat dilakukan sesuai pengaturan yang dilakukan oleh si pemilik iklan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN