Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Sedang belajar menulis layaknya anak sekolah dasar dikelas bahasa. kontak z.chaeril@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Laguna Weikuri, Lokasi Instagramable yang Asyik untuk Berfoto dan Berenang

20 Oktober 2019   22:48 Diperbarui: 21 Oktober 2019   19:55 0 3 1 Mohon Tunggu...
Laguna Weikuri, Lokasi Instagramable yang Asyik untuk Berfoto dan Berenang
Laguna Weikuri, Sumba barat | Dokumentasi pribadi

Keindahan laguna Weikuri di Sumba Barat telah dikenal luas di media sosial. Laguna Weikuri menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat berkunjung ke pulau Sumba. Indahnya laguna yang langsung berbatasan dengan laut ini menjadi daya tarik sendiri untuk dikunjungi.

Setibanya di laguna Weikuri ada tiket masuk yang harus dibayar oleh pengunjung. Harga tiket masuk perorang Rp 2000 dan Rp 4000 untuk harga tiket satu mobil. Saat ini laguna Weikuri sudah dikelola oleh pemerintah. Sehingga tata letak destinasi ini telah rapi dan membuat pengunjung yang datang nyaman.

Hadirnya lokasi wisata mendatangkan rejeki bagi masyarakat, mereka bisa menggerakan ekonomi dengan berdagang, tidak hanya berdagang makanan, tapi juga barang khas Sumba seperti tenun Sumba yang sudah dikenal. 

Setelah mendapat lokasi yang pas untuk menitipkan barang, kini saatnya menyelami keindahan laguna yang tepat bersebelahan dengan laut ini. Bagi yang tidak bisa berenang sudah tersedia penyewaan pelampung. 

Untuk bisa berenang tersedia sebuah tangga yang telah dibuat untuk memudahkan anda untuk turun ke laguna tersebut.

Bila ingin lebih ekstrim, bisa juga meloncat dari papan loncat yang telah disediakan. Lokasi meloncat berada di seberang tepat dari tangga turun ke laguna, jadi kalian bisa berenang menuju lokasi lompat tersebut, bisa juga berjalan memutari laguna.

Harap berhati-hati disekitar papan loncat setinggi sekitar 6 meter ini banyak karang api dan juga bulu babi yang tersebar di dasar laguna. 

Bila tidak ingin berbasah-basahan ada opsi untuk menaiki getek yang bisa disewa berikut dengan pemandu yang akan mendayung. Dengan menggunakan getek ini kalian bisa berkeliling mengitari laguna Weikuri. Selain itu, kalian juga bisa memilih untuk berfoto ria di sekitar laguna. 

Setelah asik berenang di laguna, kini saatnya kembali ke tempat berisirahat dan membersihkan badan. Jangan takut, sebagai destinasi wisata yang sudah dikelola baik oleh pemerintah telah tersedia kamar mandi untuk bilas.

Namun selain kamar mandi untuk bilas, di sekitar laguna terdapat kolam air yang bisa digunakan untuk membersihkan badan. Letaknya berada di belakang laguna. Berjalan sekitar 5 menit dari laguna, kalian akan menemukan kolam air tawar yang bisa digunakan untuk mandi.

Setibanya di lokasi tersebut, meski kolam alam tersebut memiliki air yang tidak terlau jernih kolam air tersebut masih layak digunakan untuk mandi. Meski berdekatan dengan laut, air yang berada dikolam ini merupakan kolam air tawar bukan air payau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2