Mohon tunggu...
Zuhaira Fajarna
Zuhaira Fajarna Mohon Tunggu... 20 Tahun, mahasiswa

Mahasiswa psikologi Unsyiah

Selanjutnya

Tutup

Musik

Manfaat Menjadi Seorang Fangirl K-Pop

21 Mei 2019   17:21 Diperbarui: 21 Mei 2019   17:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Manfaat Menjadi Seorang Fangirl K-Pop
pinterest.com/maribaramia

Fangirl merupakan seorang penggemar perempuan yang mengidolakan seorang idol tertentu.  Berbicara soal fangirl, pasti yang terlintas dipikiran sebagian banyak orang adalah kpop atau kpopers. Saat ini kpop sedang hangat-hangatnya diperbincangkan dan banyak disukai oleh kaum milenial. Dimata orang-orang awam, kpop selalu dipandang sebelah mata dan dianggap memberi pengaruh yang negatif. Tapi, Menjadi seorang fangirl kpop itu sebenarnya tidak selalu memberi dampak negatif lho. Sebagai seorang ARMY atau fans kpop sendiri, saya merasa ada banyak sekali dampak positif yang saya dapatkan terlepas dari dampak negatifnya yang memang tidak dapat dipungkiri pasti ada.  Apa saja dampak positif yang bisa kita dapatkan saat menjadi seorang fangirl? Mari  kita membahasnya satu persatu tapi ingat, Semua tulisan ini ditulis berdasarkan opini dan kacamata dari seorang fangirl BTS (ARMY) ya.

1. Mengurangi stres

Yang pertama sekali dapat mengurangi stres. Nge-fangirl bisa menjadi salah satu media untuk mengurangi stres kamu. Mempunyai idola atau seseorang yang kamu kagumi bisa memberikan warna di kehidupan kamu. Terlepas dari labelnya sebagai seorang 'idol' yang keren dan menawan, rata-rata idol kpop itu memang mempunyai selera humor yang tinggi sehingga video-video aktivitas mereka cukup bisa membuat kamu tertawa dan mengurangi stres kamu. Selain itu, karya-karya musik yang mereka ciptakan juga bisa menjadi sebuah alternatif untuk mengurangi stres kamu, apalagi untuk orang yang menyukai genre lagu pop, hip hop atau R&B. Terbukti, sudah banyak orang-orang yang mengaku menjadi kpopers karena lagu-lagu kpop seperti lagu BTS berhasil menyelamatkan mereka dari depresinya dimana karya lagu BTS memang dikenal selalu mengandung arti yang dalam dan juga mengandung isu-isu sosial dan secara ajaib bisa menggerakkan sebagian banyak orang untuk mencintai diri mereka sendiri karena sincerity yang mereka letakkan di lagu-lagu mereka.

Image Source : https://id.pinterest.com/pin/813955332635949969/ge caption
Image Source : https://id.pinterest.com/pin/813955332635949969/ge caption

2. Memberikan kebahagian dan memperbaiki mood kamu

Saat kamu sedang nge-fangirling (segala aktivitas mencari informasi tentang seorang idol) seseorang yang kamu idolakan atau kagumi tentu akan memberi kebahagiaan dan kepuasan tersendiri untuk kamu. Ketika kamu sudah menyukai atau mengidolakan seseorang, melihatnya tersenyum atau bahagia pasti bisa membuat kamu ikut tersenyum dan bahagia pula. Kamu sendiri pasti pernah kan mempunyai seorang crush? Bagaimana rasanya ketika kamu melihat doi tersenyum atau tertawa? Pasti ada rasa bahagia tersendiri yang kamu rasakan bukan? Hal tersebut sama dengan saat kamu nge-crush atau mengidolakan seorang idol. Kalau kamu seorang fans kpop, pasti kamu tahu kan banyak sekali fan service yang diberikan oleh dunia per-kpopan seperti aplikasi Vlive yang memperlihatkan aktivitas dan kerecehan idola kamu yang pastinya bisa menjadi moodbooster serta membuat kamu bahagia.

Image Source : https://id.pinterest.com/pin/813955332635949798/
Image Source : https://id.pinterest.com/pin/813955332635949798/

3. Mengajarkan kamu banyak hal positif

Sebagai seorang fans, kita juga harus menjadi seseorang yang bijak. Jangan hanya menyukai sesuatu karena visual atau fisiknya saja, tapi lihat juga feedback positif apa yang bisa diberikan idol kamu ke kamunya sendiri. Sebagai seorang ARMY, jujur BTS banyak mengajarkan saya hal-hal positif baik dari lagu dan karya yang mereka ciptakan ataupun perjalanan hidup mereka sendiri yang berawal dari zero to hero dimana dulunya BTS untuk me-record musik mereka sendiri mereka harus melakukannya di garasi bukan di studio. Untuk mempromosikan musiknya, mereka harus rela membagi-bagikan tiket konser secara cuma-cuma atau gratis kepada para pejalan kaki yang melewati tempat mereka membagikan tiket konser mereka saat itu. 

Dari sana saya belajar bahwa tidak ada yang instan di dunia ini, semuanya membutuhkan proses dan kerja keras. Terbukti, kerja keras mereka membuahkan hasil jika kita berkaca dari kesuksesan mereka sekarang ini dan dari situ juga kita bisa mengambil pelajaran kalau hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha sehingga perjalanan mereka dapat menjadi pelajaran dan mendorong kita untuk terus berusaha menggapai cita-cita. 

Selain itu, BTS juga mengajarkan kita lewat musik-musik mereka untuk dapat mencintai diri sendiri bahkan sampai melakukan speech di PBB (United Nation). Sebelum sukses seperti sekarang, BTS sudah kerap kali merasakan pahitnya proses meniti karir mereka. Mulai dari dikritik pedas oleh netizen, difitnah melakukan plagiarism, dan mendapat kata-kata yang sangat menyakitkan seperti "kamu tidak pantas menjadi seorang idol, atau tidak pantas mendapat daesang (penghargaan utama dalam acara musik korea)" dan lain lain Sehingga sang leader sendiri atau yang dikenal sebagai RM, pernah mengatakan sesuatu yang sangat menyentuh dan bisa menjadi renungan untuk orang-orang yang suka melontarkan kata-kata pedas kepada orang lain atau dalam bahasa awam biasa disebut "orang-orang yang suka julid", dimana RM mengatakan "Kamu mungkin hanya butuh 5 detik untuk menulis komentar jahat, tetapi orang yang menerima komentar itu bisa memikirkannya selama 5 menit, 5 jam, 5 hari, bulan atau bahkan 5 tahun lamanya" dan masih banyak lagi kata-kata dari RM dan BTS yang bisa memotivasi kamu ke arah yang lebih baik dan positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x