Mohon tunggu...
Bro Heri
Bro Heri Mohon Tunggu...

Live your Life

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Biaya GPRS 5 Detik dikenakan Tarif 400 Ribu Lebih?

22 Mei 2015   06:35 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:43 442 0 1 Mohon Tunggu...

Mau curhat ah…

Siapa sangka 1 detik kuota normal GPRS di Telkomsel hanya 1 atau 2 kb alias 20-an rupiah saja. Ini bukti yang saya alami. Kuota paket internet saya habis pukul 09.00 dan saya mematikan paket data pukul 09.00.05 (lewat 5 detik, buka 5 menit ya) pulsa saya sebesar Rp446.701 disedot Telkomsel hanya untuk membayar 5 detik tersebut.

Kok bisa? Ya bisa saja kalau di Telkomsel.

Saya sempat mengadukan hal tersebut via DM di twitter, ternyata direspon oleh admin Telkomsel (Krisa namanya) dan diminta keterangan lebih lanjut. Ok saya kasih tau selengkapnya kejadiannya dan inilah awal mula percakapan saya dengan CS Telkomsel dan membongkar banyak kejanggalan dari pihak Telkomsel.

Berhari-hari saya disuruh menunggu biar mereka melakukan pengecekan, ternyata beberapa hari kemudian mereka menjawab (bukan menjawab tapi saya tanya kembali) bahwa database mereka belum update sehingga tidak bisa mengecek secara lengkap. Nah kan? Perusahaan sebesar Telkomsel tidak update dalam waktu hampir seminggu???

“Selamat sore, Mbak. Konfirm pulsa, tgl 18/4/2015 09:00:05 pulsa terpotong Rp446.701 terkena tarif GPRS normal krn kuota tlh habis.” –Mia >>> Jawaban mereka setelah beberapa hari kemudian. Padahal kuota saya sampe jam 09.00 masih 2 GB lebih. Aneh gak sih? Jadi intinya saya disalahkan karena tidak mematikan paket data jam 09.00. makanya kelewatan 5 detik itu menjadikan paket yang saya pake dari pagi DIAKUMULASI sampai jam 09.00.05 tersebut alias pulsa regular saya yang diambil.

“Kami sarankan data service-nya dalam keadaan OFF apabila tidak ada kuota. Oh iya, cek berkala *887# juga ya.” –Ainul. >>> Saya memang gak punya kuota mulai jam 09.00. tapi sebelum itu masih 2 GB lebih, 5 detik lewat jadi diakumulasi??? O iya sebelumnya biasanya paket data kita otomatis OFF lho jam 09.00 sebagai peralihan paket malam ke Siang, tapi pada saat itu tidak ada OFF otomatis hingga saya lupa 5 detik itu. Karena memang sudah niat nyedot pulsa saya kali ya???

“Pemotongan kuota berdasarkan data yang diakses. Semakin banyak aplikasi ON dan gunakan akses internet, maka bonus akan cepat habis :)” -Inka- >>> 5 detik mau pake 4G atau 5G klo ada gak mungkin bisa akses ratusan mega kan?

“Apabila ingin mengetahui data penggunaan pulsanya bisa coba ke GraPARI terdekat ya.” –Rendy

Detail penggunaan aksesnya bisa langsung cek di GraPARI. -Agas

Silakan untuk cek data lengkapnya di GraPARI terdekat. -Ali

>>> Setelah saya Tanya detail pamakaian saya, akhirnya mereka (3 orang langsung yangjawab begini). Mereka gak bisa cek ternyata bahkan setelah beberapa hari dengan alasan belum update.

Kami cek sisa kuota lokal hanya 23 MB tanggal 15/4/2015 Jam 14:02 dan tidak ada kuota midnight dan paket berakhir tanggal 19/4/2015. –Rendy >>> Salah satu kegoblokan CS nya mungkin, kalau ceknya siang kan memang gak kelihatan paket malam dan yang saya tanyakan sisa kuota saya pada tanggal kejadian, bukan beberapa hari sebelumnya.

Akhirnya saya ditelpon, katanya setelah dicek tim IT, menyatakan kalau 5 detik itu memang diakumulasi dari pagi. Jadi gak ada guna paket yang 2 GB lebih itu. Jadi kalau kalian punya pulsa 1 Milyar dan sisa kuota 1 TB tapi habis jam 09.00 dan kalian matiin paket data 09.00.05. Hati-hati pulsa 1 Milyar kalian melayang.

Akhirnya saya ke Grapari di Gancit karena penasaran, ketemu CS bernama Anna KL (KL Kuala Lumpul mungkin ya, padahal di form pengaduan tanda tangan sudah ada instruksi Nama Jelas, CS nya sendiri tidak patuh). Setelah tanya-tanya lama dan hasilnya adalah saya diminta menunggu tim IT nya untuk dilakukan pengecekan (seminggu lho). Tapi saya TEGASKAN (berulang kali saya tanyakan waktu itu) apakah memang ada sistem akumulasi seperti yang disampaikan ribuan CS nya sebelumnya, jawaban Anna KL tersebut TIDAK ADA sistem begituan di Telkomsel. Tuhkan beda jawabanya sama yang telpon. Saya tenang sedikit, tapi karena diminta tunggu seminggu dari pengecekan tim IT Telkomselnya, saya yakin jawabanya pasti AKUMULASI lagi nanti.

Seminggu kemudian, CS nya telpon dan jawabannya benar saja “AKUMULASI.” kenapa gak matiin paket datanya jam 09.00? Saya lagi yang disalahkan. Saya Tanya dong, “boleh minta tunjukin aturan tertulis Telkomsel gak yang menyatakan akumulasi tersebut?” kayaknya di prosesur dan S&K nya tidak ada begituan. Jawabannya adalah itu RAHASIA. Serius katanya RAHASIA lho. Karena saya tetap menanyakan bukti tertulis kalau itu aturan resmi, dia bilang besok akan saya telpon lagi (sampai sekarang tidak ditelpon lagi).

Gak ada yang bisa diharapkan lagi, cukup tau kalau Telkomsel seperti itu. CS nya (Krisa, Febro, Ara, Mia, Ainul, Inka, Rendy, Agas, Ali, Fai, Yani, Ery, amel, Ifa, Anna KL, dan yg bilang RAHASIA). Banyak banget kan tapi gak ada yang punya niat baik untuk membantu. Langsung deh nonaktifkan 2 nomor Telkomsel.

Saya gak ngajak nonaktifkan nomor telkomsel pembaca sekalian, cuma mau bilang #Hati2denganTelkomsel saja. Karena teman saya juga bilang sudah banyak korban (kalau bisa dibilang korban).

Terima kasih sudah baca curhatan saya ya..

VIDEO PILIHAN