Mohon tunggu...
ZHAFIRA NABILA RIANSYAH PUTRI
ZHAFIRA NABILA RIANSYAH PUTRI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Education Islamic Early Childhood

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tuntutan dan Tantangan: Membangun Profesionalisme Pendidik di Era Digital

14 April 2024   09:50 Diperbarui: 14 April 2024   10:01 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era digital yang terus berkembang, tuntutan dan tantangan dalam membangun profesionalisme pendidik menjadi semakin kompleks. Profesionalisme pendidik tidak lagi hanya tentang keahlian dalam menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga melibatkan keterampilan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan.

Salah satu tuntutan utama dalam membangun profesionalisme pendidik di era digital adalah kemampuan untuk mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Pendidik harus mampu memanfaatkan berbagai alat dan platform digital untuk membuat pengalaman belajar yang menarik dan bermakna bagi siswa. Mereka perlu terus mengikuti perkembangan teknologi dan mempelajari cara terbaik untuk mengaplikasikannya dalam konteks pembelajaran.

Selain itu, pendidik juga dihadapkan pada tuntutan untuk mengembangkan keterampilan baru yang diperlukan dalam mengelola pembelajaran di lingkungan digital. Mereka perlu menjadi fasilitator yang efektif dalam pembelajaran online, memastikan interaksi yang berarti antara siswa, serta menyediakan umpan balik yang konstruktif. Hal ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang dinamika pembelajaran online dan strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

Di samping tuntutan, ada pula tantangan yang harus dihadapi dalam membangun profesionalisme pendidik di era digital. Salah satunya adalah kesenjangan digital di antara pendidik itu sendiri. Tidak semua pendidik memiliki akses yang sama terhadap pelatihan dan sumber daya untuk mengembangkan keterampilan digital mereka. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memastikan bahwa semua pendidik memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pelatihan dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

Selain itu, tantangan lainnya adalah mengelola penggunaan teknologi secara etis dan bertanggung jawab dalam pembelajaran. Pendidik harus memastikan bahwa penggunaan teknologi tidak hanya meningkatkan efisiensi pembelajaran, tetapi juga mempromosikan keselamatan dan kesejahteraan siswa. Mereka perlu mengajarkan siswa tentang pentingnya penggunaan teknologi yang bertanggung jawab, serta mengembangkan kepekaan terhadap isu-isu seperti keamanan data dan privasi online.

Dalam menghadapi tuntutan dan tantangan ini, penting bagi pendidik untuk terus mengembangkan diri dan berkolaborasi dengan sesama pendidik serta pakar pendidikan dan teknologi. Mereka perlu terbuka terhadap pembelajaran seumur hidup dan siap untuk mengadaptasi praktik pembelajaran mereka sesuai dengan perkembangan terbaru. Dengan demikian, mereka dapat memainkan peran yang lebih efektif dalam mempersiapkan generasi muda untuk sukses di era digital yang terus berubah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun