Mohon tunggu...
Zefanya Ariella Suhardjo
Zefanya Ariella Suhardjo Mohon Tunggu... Communications Student in President University

Welcome to My Blog!

Selanjutnya

Tutup

Viral

Viral Kasus Dinda Shafay dengan Karyawan Kopi Kenangan, Kenali 4 Etika Dasar Saat Hendak Menggunakan Toilet di Tempat Umum

3 Maret 2021   18:55 Diperbarui: 4 Maret 2021   02:41 116 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viral Kasus Dinda Shafay dengan Karyawan Kopi Kenangan, Kenali 4 Etika Dasar Saat Hendak Menggunakan Toilet di Tempat Umum
Sumber gambar: unsplash.com/@timmossholder

Viralnya kasus Dinda Shafay yang Terjadi di Kopi Kenangan cabang Medan membuat geram banyak netizen Indonesia. Melalui akun TikTok dan Instagram-nya, Dinda membagikan video dan cerita kejadian dimana salah satu karyawan Kopi Kenangan mendobrak masuk toilet pelanggan yang sedang digunakan olehnya.

Dalam video tersebut dapat terdengar suara Dinda yang gemetar saat ia berusaha menjelaskan apa yang baru saja ia alami. Salah satu influencer Indonesia ini menegaskan bahwa karyawan tersebut mendobrak pintu toilet yang sedang ia gunakan dan setelahnya karyawan tersebut tertawa dengan karyawan lain sambil membicarakan dirinya. 

Alih-alih meminta maaf atas tindakan sembrono tersebut, Dinda dibuat semakin geram ketika karyawan tersebut malah berdalih dengan memberikan pembelaan mengapa ia mendobrak pintu toilet pelanggan. Untuk mencegah hal serupa terjadi lagi, yuk simak 4 etika dasar berikut saat hendak menggunakan toilet di tempat umum.

1. Cek apakah pintu terkunci atau tidak.

Jika kamu hendak menggunakan toilet di tempat umum seperti mall maupun supermarket, biasanya terdapat tanda warna hijau dan merah pada pintu toilet tersebut. Perlu diketahui bahwa tanda merah tersebut menandakan bahwa pintu dalam keadaan terkunci dan hijau menandakan pintu tidak terkunci. 

2. Ketuk pintu dan tanyakan apakah ada orang di dalam.

Jika pintu tidak memiliki tanda warna merah dan hijau, daripada mendorong, ada baiknya jika kamu mengetuk pintu toilet yang hendak kamu gunakan dan bertanya untuk memastikan apakah ada orang di dalam toilet. Hal ini dapat menghindari kamu dari membuka pintu toilet yang sedang digunakan oleh orang lain yang mungkin belum sempat mengunci pintu atau keadaan pintu yang tidak bisa terkunci maksimal.

3. Pastikan pintu toilet sudah terkunci dengan baik dan benar.

Ketika masuk ke toilet, pastikan kamu langsung mengunci pintu dengan benar sebelum menaruh barang bawaan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan pintu terbuka akibat ada orang lain yang mendorong pintu toilet ketika kamu sedang menaruh barang bawaan. Jadi demi keamananmu, kunci pintu segera setelah memasuki toilet, ya.

4. Jangan berdiri terlalu dekat atau bersandar pada sisi kanan/kiri pintu toilet.

Biasakan diri untuk minimal berdiri sejauh 0,5 - 1 meter dari pintu toilet. Hindari berdiri terlalu dekat atau bersandar pada sisi kanan/kiri pintu toilet demi menghormati privacy orang yang sedang berada di dalam toilet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN