Mohon tunggu...
Zara AryantiJuana
Zara AryantiJuana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Keperluan KKN

Hidup bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: SDN 1 Sukamanah Kota Tasikmalaya Melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Secara Daring

25 Juli 2021   12:00 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:07 95 0 0 Mohon Tunggu...

Akibat kasus Covid-19 di Indonesia saat ini terus meningkat, maka saat ini Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan baru yaitu PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona yang diterapkan di wilayah Jawa-Bali. sehingga mengakibatkan kegiatan pendidikan seperti belajar mengajar belum bisa dilakukan secara luring.

Dikarenakan kebijakan dari pemerintah untuk bidang pendidikan belum bisa dilaksanakan secara luring, maka pada tahun ajaran baru ini SDN 1 Sukamanah Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan MPLS secara daring dengan menggunakan aplikasi Google Meet dan WhatsApp. Kegiatan ini diwajibkan dan bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada semua siswa dan khususnya siswa baru tahun ajaran 2021-2022. Kegiatan ini berisikan pengenalan sekolah, tenaga pendidik, peserta didik untuk mengasah kemampuan siswa bersosialisasi.

dokpri
dokpri

Pada kegiatan MPLS ini tidak hanya ditujukan kepada siswa saja, akan tetapi pihak sekolah juga memberikan sosialisasi dan meminta kerjasama kepada orang tua murid mengenai sistem pelaksanaan kegiatan belajar murid yang akan dilakukan secara daring sampai kebijakan PPKM berakhir. Dan berharap orang tua murid dapat selalu berkomunikasi dengan pihak sekolah agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan efektif.

Karena kegiatan MPLS tahun ajaran baru sekarang dilaksanakan secara berbeda dari tahun sebelumnya, setiap siswa membuat video perkenalan singkat dengan menyebutkan identitas dirinya, kemudian video tersebut dikirimkan melalui grup kelas masing-masing. Dengan berlangsungnya kegiatan MPLS ini diharapkan menjadi kegiatan yang berkesan sebelum mengawali pembelajaran di kelas.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN